Berita Terkini

KORPRI KUNINGAN SUMBANGKAN LEMARI PAKAIAN UNTUK PENGUNGSI PINARA


CINIRU - Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kuningan melakukan upaya meningkatkan hubungan dengan masyarakat sebagaimana yang diamanahkan dalam Keputusan Dewan Pengurus KORPRI Jawa Barat. Dalam amanah tersebut menginstruksikan  terkait kegiatan yang dilakukan oleh KORPRI kabupaten antara lain adalah sosialisasi kelembagaan dan kemudian secara aktif ikut serta dalam kegiatan sosial kemasyarakat. 

Kegiatan sosial kemasyarakatan dimaksud adalah sifatnya untuk kepentingan masyarakat, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Kegiatan yang dilakukan KORPRI ini diharapkan dapat memberikan panutan kepada masyarakat dan dapat meningkatkan kinerja serta disiplin kerja bagi pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Demikian diungkapkan Ketua KORPRI Kabupaten Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi., kepada kuninganreligi.com, saat melaksanakan Bhakti Sosial di Posko Bencana Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Selasa (17/4/2018).

Mesih menurut Dian, kehadiran negara atau pemerintah, secara kuantitas maupun kualitas sangat diperlukan, yaitu untuk melindungi, mengayomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai kebijakan perencanaan yang strategis. Disamping itu, imbuhnya, pemerintah sendiri bertugas untuk melayani masyarakat.

KORPRI sebagai kumpulan dari pegawai pemerintah yang terorganisasir secara formal, katanya, mempunyai peranan yang sangat penting. Diantaranya adalah sebagai abdi negara KORPRI memiliki tugas dan kewajiban untuk ikut melaksanakan kehidupan kenegaraan sesuai dengan amanah konstitusi dan semua peraturan hukum yang berlaku. 
Kemudian, sebagai abdi masyarakat, KORPRI harus selalu memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat. Lalu, peran sebagai abdi pemerintah, KORPRI senantiasa memberikan dukungan pada pelaksanaan pekerjaan pemerintahan yang dilakukan segenap jajaran pemerintahan mulai dari pusat sampai ke daerah di seluruh tanah air.

Terkait dengan kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti yang dimaksudkan Dian, pada Selasa (17/4/2018) Korpri Kabupaten Kuningan melaksanakan kunjungan ke lokasi bencana alam. Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Kuningan mengalami bencana alam akibat banjir dan pergerakan tanah yang mengakibatkan sebagian wilayah terdampak longsor dan pemukiman warga harus direlokasi.

" Yang terparah kan, terjadi di Kecamatan Ciniru dan Karangkancana, sehingga Pemerintah Kabupaten Kuningan membuat hunian sementara (huntara) dalam tahap pertama sebanyak 290 unit yang ditargetkan akan beres sebelum bulan Ramadhan tahun ini, " tandas Dian.

Sehubungan hal tersebut, KORPRI Kabupaten Kuningan mencoba ikut membantu meringankan beban yang dipikul pemerintah daerah dengan menyumbangkan barang-barang rumah tangga untuk melengkapi huntara khususnya yang berada di Desa Pinara Kecamatan Ciniru, berupa lemari pakaian. 

" Ini hasil rereongan pribadi dari para dewan pengurus dan satuan kerja Korpri Kabupaten Kuningan. Tujuan kami bakti sosial ini adalah meningkatkan jiwa korsa aktualisasi anggota Korpri guna mempererat silaturahmi anggota Korpri dengan masyarakat," ungkapnya.

Pihaknya mengaku merasa senang dapat membantu secara langsung dan bertatap muka dengan korban bencana sebagai bentuk kepedulian korpri terhadap masyarakat Kuningan.

Terpisah, Sekretaris Kecamatan Ciniru, Udin, menghaturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Ketua KORPRI beserta jajaran yang telah memberikan batuan berupa alat-alat kebutuhan rumah tangga seperti lemari dan lain sebagainya.

" Ini sangat membantu para korban bencana karena memang selama ini belum pernah ada yang memberikan bantuan semacam ini, jadi kami sangat terbantu, " kata Udin kepada awak media.(nars)