Berita Terkini

KPU-KNPI KUNINGAN KAMPANYE LEWAT LOMBA PIDATO


KUNINGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggandeng DPD KNPI Kabupaten Kuningan guna mengkampanyekan Pilkada Serentak tanpa hoax dan politik uang. Agenda yang berbentuk lomba pidato ini diselenggarakan di Gedung KNPI Kuningan, Rabu-Kamis (18-19/4/2018).

" Kegiatan yang kami selenggarakan selama dua hari ini adalah Lomba Pidato Putra-Putri 32 Kecamatan se-Kabupaten Kuningan, " ungkap Ketua KPU Kuningan, Heni Susilawati.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan itu, imbuh Heni, adalah dalam rangka mewujudkan pemilih cerdas, berdaulat tanpa hoax dan politik uang. 

Dirinya juga menerangkan bahwa lomba tersebut sangat bermanfaat untuk menumbuhkan kesadaran pemilih pemula akan pentingnya suara mereka pada pemilukada dan juga sebagai peningkatan mutu pemilih dalam menyuarakan hak pilihnya.

" Melalui kegiatan ini pula kami menggelorakan agar pemilih bisa lebih mencermati visi dan misi pasangan calon dan melihat dampak positifnya terhadap perkembangan Jawa Barat dan Kuningan 5 tahun kedepan, " tandasnya

Sementara, Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, dan Ketua KNPI Kuningan, Masruri, yang juga hadir di lokasi acara menyampaikan dukungannya atas kegiatan tersebut. 

" Pilkada Serentak 2018 ini diharapkan berjalan lancar tanpa penyebaran berita hoax dan politik uang, demi terciptanya Pilkada Jabar yang semarak, dan Pilkada Kuningan yang damai, " jelas mereka.

Turut hadir dalam kegiatan lomba, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas, Asep Z.Fauzi, Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan, Abdul Jalil Hermawan, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf. Daru Cahyadi, Kasat Intel Polres Kuningan, AKP Iwan Rasiwan dan para Agen Sosialisasi se-Kabupaten Kuningan.

Pantauan media ini, para peserta dari 32 kecamatan mendapat giliran tampil sebanyak 18 Kecamatan di hari pertama, dan sejumlah 14 kecamatan tampil di hari kedua.

Masing-masing kecamatan mengutus dua perwakilan yaitu 1 Putra dan 1 Putri, dimana sebelumnya peserta tersebut sudah melewati seleksi di tingkat kecamatan untuk mengikuti lomba pidato selanjutnya pada tingkat kabupaten.  

Terdapat juga 3 juri yang menilai kemampuan dari para peserta lomba pidato diantaranya Dedi Selamet Riyadi (Dedi Ahimsa), Abdul Jalil Hermawan, dan Pandu Hamzah.

Pengumuman juara lomba akan dilaksanakan pada Pagelaran Seni Budaya “Satu Tahun Menyongsong Pemilu Serentak 2019”, pada Sabtu (21/4/2018) lusa, di Komplek Pasar Cidahu.

Para peserta yang berhasil menjadi juara akan ditampilkan kembali dalam agenda tersebut dan nantinya akan dilantik sebagai Duta Pilkada oleh KPU Kabupaten Kuningan.

Terpisah Komisioner KPU, Asep Z Fauzi menuturkan bahwa pihaknya juga berharap kepada para peserta lomba untuk dapat berperan aktif sebagai duta-duta pilkada yang ikut mendorong pilkada secara partisipatif. 

" Semoga kelak mereka menjadi cikal bakal penyelenggara pemilu yang tangguh di masa mendatang untuk membangun iklim demokrasi yang baik di Kabupaten Kuningan, ” tukasnya. (nars/KPU)