Berita Terkini

PARA KARTINI MILENIAL SERBU PUNCAK CIREMAI





KUNINGAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, dilakukan berbeda oleh Sebuah Yayasan Amanah Center. Tahun ini, mereka menggelar agenda Pendakian Ciremai Kartini 2018.

Sejak pagi buta, Jum'at (20/4/2018) sejumlah 60 "Kartini Milenial" dan 50 orang panitia dari Amanah Center yang akan melakukan pendakian, sudah memenuhi lapangan parkir pendakian Ciremai, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Saat pelepasan peserta yang dilaksanakan sekira pukul 07:00 WIB , Ketua Amanah Center, Arya Permana Graha, memberikan arahannya. Kang Arya, sapaannya, mengharapkan para peserta dan panitia yang melakukan pendakian agar bisa menjaga lingkungan.



" Tolong nanti di sepanjang jalan yang dilalui, agar jangan lupa, untuk melakukan pembersihan sampah-sampah. Cara yang efektif adalah dengan memasukannya ke dalam botol air mineral yang dipadatkan, " terangnya.

Sementara, terkait kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan Hari Kartini Tahun 2018, Arya menjelaskan bahwa beberapa agenda telah dilaksanakannya. Diantaranya, penanaman pohon di OW Tenjo Laut, dan pada saat pedakian kali ini juga akan dilakukan aksi bersih-bersih Ciremai, pemasangan rambu-rambu pendakian serta Bakti Sosial di Musholla jalur pendakian.

" Spirit yang kami ambil dalam kegiatan ini adalah kebersamaan. Karena mendaki itu hal yang tidak mudah, namun karena atas dasar kebersamaan dan persamaan ini, sesulit apapun medan yang ditempuh akan mudah dilalui, " jelas Pria yang menjabat Wasekjen DPP PPP ini.

Arya juga mengharapkan dengan semangat kegiatan yang digelarnya, bisa membuktikan ketangguhan para kartini milenial. Wanita Indonesia, ujarnya,  adalah wanita yang tangguh. Ini terbukti saat mereka bisa melakukan aktifitas yang tidak kalah dengan kaum pria, seperti mendaki gunung.

" Juga para wanita diharapkan bisa meraih prestasi setinggi-tingginya, tidak ada lagi kesenjangan antara kaum adam dan hawa, " imbuhnya.

Selain itu, Amanah Center yang dipimpinnya juga memiliki program untuk mempromosikan potensi alam wiasta yang ada di Kabupaten kuningan. Pihaknya mengaku dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan berkat koordinasi yang baik antara Amanah Center dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

" Kebetulan yang menjabat menteri lingkungan hidup dan kehutanan juga kan seorang kartini, " tandasnya.

Terpisah, salah seorang peserta pendakian, Tania (19) kepada Kuningan Religi mengungkapkan kegembiraannya bisa menjadi salah satu bagian dari kartini milenial yang ikut mendaki Ciremai.

" Kita menyambut baik kegiatan ini, dengan ini kita bisa membuktikan bahwa perempuan-perempuan Jawa Barat bisa melakukan hal seperti mendaki gunung, apalagi ini gunung tertinggi di Jawa Barat. 
Yang biasanya laki-laki lakukan, kini perempuan pun bisa melakukannya, " kata Tania. (nars)