Berita Terkini

Peringati HUT Ke 68, Satpol-PP Bukan Alat Penguasa dan Pengusaha


KUNINGAN - Dalam rangka memperingati HUT ke-68 Satuannya, Kasatpol PP Kuningan, Indra Purwantoro, mengharapkan agar satuannya tersebut semakin profesional. Hal ini dikatakannya selepas melaksanakan Apel Siaga Satpol-PP, Satlinmas dan Damkar Kuningan dalam rangka mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2018.

Acara yang dilaksanakan di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (26/03/2018) ini, sekaligus juga memperingati Hari Ulang Tahun ke-68 Satuan Polisi Pamong Praja, HUT ke-56 Satuan Perlindungan Masyarakat dan HUT ke-99 Pemadam Kebakaran.

" Satpol PP bukan lagi menjadi musuh wong cilik, tapi menjadi musuh wong licik.  Kita ingin mencoba menghilangkan paradigma negatif bagi Satpol-PP, yakni Satpol-PP musuh wong cilik, alat penguasa dan alat pengusaha, akan kita hilangkan itu, " tegasnya.

Selaku kepala Satpol-PP, Indra memohon do'a dan dukungan dari semua pihak, agar apa yang diharapkan tersebut bisa terwujud.

Terkait program kesatuannya ke depan, Indra menjelaskan bahwa pihaknya akan tetap menyosialisasikan perda serta peningkatan sumberdaya aparatur, khususnya di kesatuannya sendiri.


Kegiatan HUT tiga satuan di lingkup Pemkab Kuningan ini memiliki tema yang merujuk kepada upaya peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP sebagai perangkat daerah, Satlinmas dan Damkar yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018.

Terpisah, Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI, Cahjo Kumolo, menuturkan bahwa peringatan tersebut menjadi sangat istimewa karena bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak di 171 yang meliputi 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota.

” Terkait hal ini, saya anggap Satpol PP dalam penegakan Perda dan Perkada serta penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Satlinmas yang mempunyai tugas pokok dan fungsi antara lain membantu menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada baik sebelum, pada saat maupun setelah,” ucapnya.

Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal pelaksanaan pemungutan suara; membantu dalam penanggulangan bencana; serta tugas sosial kemasyarakatan lainnya serta Damkar yang mempunyai tugas pokok dan fungsi adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran serta pemberdayaan masyarakat.

“ Momen tahapan Pilkada Serentak menjadi sangat penting bagi kita semua terutama bagi jajaran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar di Daerah, karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam. Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP,” paparnya.