Berita Terkini

Rukun Wargi Kuningan Salurkan Bantuan Bencana Lewat Pemkab Kuningan



GARAWANGI - Ribuan warga perantauan asal Kabupaten Kuningan se-Jabodetabek yang tergabung dalam Rukun Wargi Kuningan (RWK) berhasil menggalang bantuan untuk membantu meringankan saudara mereka di daerah asalnya yang terkena bencana.

Terkumpul untuk tahap pertama, bantuan berupa 1 ton beras, puluhan dus mie instant dan air mineral tersebut, Sabtu (03/03/2018) diserahkanterimakan dari pengurus RWK kepada Pemkab Kuningan untuk disalurkan.

Serahterima bantuan yang dilaksanakan di kediaman Penasehat RWK, H Atang Sugiyono , di Desa Purwasari, Kecamatan Garawangi, langsung diterima oleh Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada ST dari Ketua Umum RWK, H Sanis Gazali.

Menurut Ketua Umum RWK, H Sanis Gazali, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian ribuan warga Kuningan yang merantau di Jabodetabek pada korban musibah bencana alam yang terjadi di Kuningan.

" Alhamdulillah, meski agak terlambat, RWK baru bisa ikut berpartisipasi membantu saudara kami korban bencana alam. Untuk dimaklumi, di perantauan, mungkin banyak rekan-rekan paguyuban warga kuningan yang memiliki kesibukan masing-masing, " tuturnya.

Ke depan, imbuhnya, pihaknya akan terus membuka penggalangan dana ini agar semua komunitas dan paguyuban warga Kuningan bisa berpartisipasi.


" Bahkan, mungkin di antara paguyuban dan komunitas yang ada di Jabodetabek tersebut, sudah lebih dulu membantu melalui bendera masing-masing, " terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada ST, saat dimintai tanggapan tentang bantuan dari RWK, mengucapkan terima kasih.


" Ini sangat positif sekali, Saya atas nama Pemkab Kuningan, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada kawan-kawan di RWK. Dengan bantuan ini, tentu sedikit banyaknya membantu meringankan beban kami dalam menghadapi cobaan bencana, " ucap Desem.

Pihaknya mengharapkan tali silaturahmi antara Pemkab Kuningan dengan warganya di perantauan melalui RWK bisa terus berjalan. Terkait eksistensi RWK di perantauan, Desem mengaku sangat memandang postitif.

" Kita nanti justeru akan berembuk dengan warga Kuningan yang ada di perantauan, tentang Kuningan akan dibawa ke mana di masa depannya. Karena RWK merupakan bagian dari elemen masyarakat Kuningan juga. Apalagi melihat potensi sumberdaya manusia RWK yang sebagian berlatar belakang orang-orang sukses di perantauan, " tutupnya.

Terpisah, bantuan yang diserahkan oleh RWK kepada Pemkab Kuningan ini, menurut rencana, pada Ahad (04/03/2018), akan disalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya melalui koordinasi dengan BPBD Kuningan. RWK juga, akan terus menambah jenis dan jumlah bantuan sesuai kebutuhan korban berdasarkan data kebutuhan yang didapatkan dari BPBD Kuningan.

No comments