Berita Terkini

TNI KONSEN TINGKATKAN POLA HIDUP SEHAT WARGA KUNINGAN


CIGUGUR - Dalam upaya meningkatkan pola hidup sehat dan peningkatan kesejahteraan warga Kabupaten Kuningan, khususnya, TNI melalui Kodim 0615/Kuningan, terus menggencarkan Program Jambanisasi untuk warga menengah ke bawah di beberapa desa.

Seperti yang terlihat pada Rabu (11/4/2018) di Wilayah Koramil 1515/Cigugur, Danramil setempat, Kapten Arh Dulkadir SH MH MSi, didampingi Babinsa Kelurahan Cipari, Serda Jaja Jahari menyerahkan bantuan kloset kepada Toto, warga Blok Sukasari, Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Kepada kuinganreligi.com, Kapten Arh Dulkadir menyampaikan bahwa program jambanisasi bagi masyarakat tersebut merupakan bagian dari program Karya Bhakti Satkowil TNI yang sedang digencarkan oleh Kodim 0615/Kuningan, di bawah komando Letkol Inf. Daru Cahyadi Soeprapto, S.Sos. MM.

Disaksikan Kaur Ekbang Kelurahan Cipari, Danramil juga mengatakan bahwa untuk melaksanakan program jambanisasi tersebut pihaknya melibatkan Babinsa yang bertugas di desa binaannya masing-masing.

“ Kita menghadirkan program ini sebagai upaya membantu masyarakat yang belum memiliki jamban ada dalam setiap rumah warga agar kesehatannya makin terjamin,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan bahwa TNI akan terus berupaya membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya, karena kegiatan ini merupakan salah satu Bakti TNI pada Operasi Militer selain perang. 

Program seperti ini, tutur Kapten Arh Dulkadir, juga pastinya dilakukan oleh seluruh satuan TNI Angkatan Darat di Indonesia, karena TNI lahir dari rakyat dan berbuat untuk rakyat. 

Terpisah,  Toto, yang bermata pencaharian sebagai petani di Desa Cipari mengakui, dirinya sangat senang mendapat bantuan jamban yang langsung dibuatkan oleh Babinsa Serda Jaja dan prajurit Koramil 1515/Cigugur lainnya.

Kata Toto, kedekatan TNI dengan Rakyat betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah. 

" Dengan dibuatkannya jambanisasi ini, saya dan keluarga terbantu sekali dalam hal kebutuhan sarana BAB,” tukasnya.(nars)