Berita Terkini

AKSI CABUT PAKU DARI POHON, ORMAWA UNIKU PATUT DIACUNGI JEMPOL


KUNINGAN - Puluhan mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) merasa prihatin saat mengetahui banyaknya pohon yang ditancapi paku oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab. Wujud keprihatinan mereka diperlihatkan dalam aksi cabut paku dari pepohonan di sepanjang Jalan Siliwangi Kuningan, pada Ahad (13/5/2018).

Ada sekira 35 anggota Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Uniku yang mengikuti kegiatan tersebut. Di tengah acara car free day, yang sedang berlangsung, mereka menyambangi satu per satu pohon yang ada di sepanjang jalan protokol Kuningan itu. Dengan menggunakan alat pencabut paku, mereka mencabuti paku yang menancap di pepohonan tersebut hingga bersih.

Presiden Mahasiswa (Presma) Uniku, yang juga menjadi koordinator aksi, Rizky Rama Eka Saputra, kepada awak media mengatakan bahwa aksi tersebut adalah wujud kepedulian para mahasiswa Kuningan terhadap kelangsungan hidup pohon dan kelestarian lingkungan.

" Satu persatu pohon yang ada di pinggir jalan Siliwangi, kami bersihkan dari paku yang menancap, mulai dari ukuran kecil hingga besar,” kata Rizky saat dimintai keterangan oleh kuninganreligi.com.

Lebih jauh, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Uniku ini menyatakan bahwa para pihak yang tidak bertanggung jawab, yang menancapi pohon tersebut dengan paku, tidak memiliki kepekaan terhadap lingkungan hidup.

“ Mereka juga tidak memiliki kesadaran memelihara lingkungan dengan mengorbankan pohon yang sudah lama ditanam demi tercapainya sebuah kepentingan belaka,” sambungnya.




Ditambahkan Rizky, pihaknya mengingatkan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan bisa lebih memperketat kebijakan agar semua pohon di wilayah Kuningan bisa hidup dengan nyaman dan indah dipandang. 

" Pemkab harus terus melakukan himbauan, sosialisasi dan larangan melalui pihak-pihak yang terkait dengan hal itu, agar jangan menancapkan apapun di pohon, " tegasnya.

Pihaknya merasa yakin dan percaya, bahwa Pemkab Kuningan memiliki pandangan yang sama dengan dirinya. " Sayangi pohon seperti menyayangi diri sendiri, ” tukasnya singkat.

Kegiatan hasil kerjasama dengan pihak Pol PP, Polres, Kodim 0615, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu Kabupaten Kuningan itu , dimulai pagi hari pada saat Car Free Day (CFD) dari sepanjang Jalan Siliwangi Kuningan dan berakhir di Bunderan Cijoho atau di Taman Cirendang. (nars/rilis)