Header Ads

HASIL SIDANG ITSBAT, INI TANGGAL 1 RAMADHAN MENURUT PEMERINTAH



JAKARTA - Berdasarkan hasil Sidang Itsbat yang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag RI, Jalan MH Thamrin Jakarta, Selasa (15/5/2018), sekira pukul 18:52 WIB, Menteri Agama RI,  Lukman Hakim menyatakan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Hari Kamis (17/5/2018).

" Berdasarkan pantauan hilal oleh petugas Rukyatul Hilal di 95 titik di Indonesia dan beberapa wilayah lain di luar Indonesia dan hasil musyawarah berbagai elemen sore ini. Tanggal 1 Ramadhan ditetapkan pada Hari Kamis,  17 Mei 2018, " paparnya.

Penetapan awal Ramadhan tersebut,  imbuhnya setelah menyimpulkan pendapat berbagai Ormas Islam,  hasil perhitungan hisab,  dan Rukyatul Hilal. 

 " Bahwa hilal di titik pantauan saat iniasih di bawah ufuk -1 derajat 36 menit,  hingga 0 derajat 2 menit, " ungkapnya. 

Sementara,  sebelumnya Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag RI, Juraidi, di Jakarta, Selasa (15/5/2018), Pukul 18:00 WIB menyatakan bahwa pengamatan hilal di sebagian tempat masih belum melihat bulan / hilal. 

" Kalau dari sisi hisab, sudah dinyatakan bahwa posisi hilal berada di bawah ufuk, artinya hilal tidak mungkin terlihat, " ujarnya

Maksud diadakannya Sidang Itsbat,  kata Juraidi,  adalah untuk mensinkronkan antara pendapat dari rukyatul hilal dari 95 titik di Indonesia sebagai dasar untuk menentukan satu ramadhan, dan dari
segi hisab.(Nars) 
Powered by Blogger.