Berita Terkini

HASIL SIDANG ITSBAT, INI TANGGAL 1 RAMADHAN MENURUT PEMERINTAH



JAKARTA - Berdasarkan hasil Sidang Itsbat yang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag RI, Jalan MH Thamrin Jakarta, Selasa (15/5/2018), sekira pukul 18:52 WIB, Menteri Agama RI,  Lukman Hakim menyatakan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Hari Kamis (17/5/2018).

" Berdasarkan pantauan hilal oleh petugas Rukyatul Hilal di 95 titik di Indonesia dan beberapa wilayah lain di luar Indonesia dan hasil musyawarah berbagai elemen sore ini. Tanggal 1 Ramadhan ditetapkan pada Hari Kamis,  17 Mei 2018, " paparnya.

Penetapan awal Ramadhan tersebut,  imbuhnya setelah menyimpulkan pendapat berbagai Ormas Islam,  hasil perhitungan hisab,  dan Rukyatul Hilal. 

 " Bahwa hilal di titik pantauan saat iniasih di bawah ufuk -1 derajat 36 menit,  hingga 0 derajat 2 menit, " ungkapnya. 

Sementara,  sebelumnya Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag RI, Juraidi, di Jakarta, Selasa (15/5/2018), Pukul 18:00 WIB menyatakan bahwa pengamatan hilal di sebagian tempat masih belum melihat bulan / hilal. 

" Kalau dari sisi hisab, sudah dinyatakan bahwa posisi hilal berada di bawah ufuk, artinya hilal tidak mungkin terlihat, " ujarnya

Maksud diadakannya Sidang Itsbat,  kata Juraidi,  adalah untuk mensinkronkan antara pendapat dari rukyatul hilal dari 95 titik di Indonesia sebagai dasar untuk menentukan satu ramadhan, dan dari
segi hisab.(Nars)