Berita Terkini

KPU JAMIN KEAMANAN KOTAK SUARA MESKI ADA YANG BERBAHAN KARDUS

Foto: PPS Dukuhdalem


KUNINGAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan, Heni Susilawati, menanggapi pertanyaan wartawan kuninganreligi.com seputar adanya kotak suara yang berbahan kardus dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018.

Ditemui disela kesibukannya memantau persiapan pelaksanaan Pilkada, Selasa (26/06/2018), Heni mengatakan bahwa kotak suara berbahan dasar kardus tersebut dijamin tidak akan mudah rusak dan kedap air.

" Dijamin aman, tidak akan mudah rusak, " tegasnya singkat.

Pihaknya menjelaskan bahwa kotak suara berbahan kardus tersebut adalah kotak suara yang dikirim dari KPU Provinsi Jawa Barat. Jumlahnya, kata Heni, ada sekira 1.500 unit, yang akan dipakai untuk Pilkada Jabar. Sedangkan untuk Pilkada Kuningan, akan tetap menggunakan kotak suara yang terbuat dari alumunium.



Sebelumnya, KR sempat mendapatkan informasi, Senin (25/06/2018) kemarin, bahwa ada kotak suara yang rusak, di salah satu PPK wilayah Kuningan Selatan. Kotak suara tersebut berbahan dasar kardus, yang saat terkena air hujan mengalami kerusakan.

Terkait adanya info tersebut, Heni mengatakan bahwa memang pada saat distribusi hari pertama ada kendala karena hujan deras. Pihaknya mengaku telah menegor pihak armada pengiriman logistik untuk lebih memperhatikan keamanan barang yang dibawanya.

" Itu sudah diganti dengan yang baru, dan ada berita acaranya diketahui panwas setempat, " jelasnya.

Terpisah, Divisi Logistik KPU Kuningan, Agus Ismail Yaqub,  juga mengiyakan bahwa kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut aman dan kedap air.  Ia mengatakan, ketika dikonfirmasi awak media, bahwa semua logistik yang didistribusikan ke kecamatan dalam kondisi baik dan aman, termasuk kotak suara berbahan kardus tersebut. (Nars)