Berita Terkini

ALHAMDULILLAH, PENGUNGSI PINARA PUNYA MUSHOLLA




CINIRU - Ratusan kepala keluarga asal Desa Pinara, Kecamatan Ciniru, yang terdampak bencana, yang kini berada di hunian sementara (Huntara) berlokasi di Desa Ciniru, kini memiliki bangunan Musholla representatif untuk ibadah mereka.

Sebagian dari pembangunan musholla tersebut, dibantu oleh warga perantauan asal Kuningan yang tergabung ke dalam Rukun Wargi Kuningan (RWK) yang bekerjasama dengan para pengusaha muslim keturunan arab di Jakarta.

Pada Selasa (10/07/2018), penggunaan tempat ibadah tersebut diresmikan oleh Ketua Umum RWK, Sanis Ghazali, disaksikan beberapa ketua komunitas perantau, Camat Ciniru, Jaenudin, Kepala Desa Pinara, Lili Suhaeni, dan puluhan pengungsi yang menempati Huntara setempat.

" Alhamdulillah, hari ini kita bisa melaksanakan ibadah sholat berjamaah di Musholla ini, semoga berdirinya mushola di Huntara ini bisa membantu warga dalam beribadah, " ungkap Sanis didampingi sesepuh RWK, Atang Sugiyono.

Meski bangunan musholla tersebut belum selesai secara keseluruhan, karena masih ada beberapa bagian yang masih dalam tahap finishing, Sanis bersyukur, karena sejak akhir Ramadhan lalu, musholla telah bisa digunakan warga untuk beribadah.

" Insya Alloh, kami dari RWK, akan terus menggalang uluran tangan dari para donatur dan warga Kuningan di perantauan untuk tetap berkontribusi hingga permasalahan warga pengungsi Pinara ini terselesaikan, " ujarnya.

Bahkan, katanya, jika nanti Pemkab Kuningan telah menempatkan warga pengungsi tersebut di hunian tetap, pihaknya akan mengusahakan untuk bisa membangun satu bangunan Masjid di tempat relokasi tetap nanti.

Pada kesempatan yang sama, rombongan RWK juga menyumbangkan beberapa Mushaf Al-Qur'an dan mesin pompa air untuk menunjang kegiatan ibadah warga di musholla.


Sementara, Camat Ciniru, Jaenudin, saat menanggapi sambutan Ketua RWK, menyampaikan rasa syukurnya. 

" Alhamdulillah para pengurus RWK bisa terus hadir di tengah-tengah kita dan peduli hingga titik akhir nanti para pengungsi bisa mendapatkan hunian tetap, " tutur Jaenudin.

Pihaknya berharap, bahwa warga Desa Pinara yang saat ini sebagian berada di pengungsian hunian sementara bisa tetap diberikan ketabahan, kekuatan iman dan takwa. 

" Semoga segala bantuan dari RWK untuk warga di huntara ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, " pungkasnya.

Agenda rombongan pengurus dan anggota RWK di Huntara Desa Ciniru, diakhiri dengan makan bersama warga pengungsi. Saat menikmati makan siang, aparat kecamatan, desa, warga dan pengurus RWK nampak berbaur tanpa sekat penuh keakraban. (Nars)