Berita Terkini

KUNINGAN, SELANGKAH LAGI JADI KABUPATEN LAYAK ANAK


KUNINGAN - Setelah tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2015, Kabupaten Kuningan selalu mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak, kini di tahun 2018, Kabupaten Kuningan kembali dilirik oleh Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk mendapatkan kembali predikat tersebut.

Kedatangan Tim Verifikasi KLA disambut oleh Pejabat Sekda Kuningan, Dadang Supardan, didampingi Kepala Bapeda, Maman Suparman di Gedung Purbawisesa, Kompleks Setda Kuningan, Senin (16/07/2018).

Rombongan tim yang terdiri dari Ernanti Wahyurini, Hamid Patilima, serta Tim dari Provinsi Jawa Barat, Tintin Sumarni, disambut ramah oleh pejabat Setda Kuningan.

Dalam sambutannya, PJ Sekda Kuningan, Dadang Supardan mengaku bahwa Pemkab Kuningan siap melaksanakan segala masukan yang positif dari Tim Verifikasi KLA untuk mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Layak Anak.

" Penilaian KLA di Kabupaten  Kuningan didasarkan atas dua aspek yaitu penilaian kasat mata dan administratif. Secara kasat mata, Kabupaten Kuningan sudah mengutamakan kepentingan anak-anak, " tutur Dadang.

Pihaknya mempersilakan Tim Verifikasi untuk memberikan pandangannya, jika masih ada kekurangan, seperti dalam hal administrasi, pihaknya akan memperbaiki untuk pelaksanaan ke depan.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Lapangan, Ernanti Wahyurini, dalam sambutannya menyatakan Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang memiliki cukup banyak hal positif, dan berjalan dengan benar.

" Beberapa prinsip hak anak diantaranya non diskriminasi, kepentingan hak anak, mendengar pandangan anak serta hak untuk kelangsungan hidup sudah dilaksanakan di Kabupaten Kuningan, " ujarnya.

Ia meminta agar Pemkab Kuningan bisa meningkatkan lagi capaian yang telah dilaksanakannya sehingga menjadi lebih baik.

" Kabupaten Kuningan membutuhkan peningkatan pelayanan terhadap anak, terutama peningkatan kualitasnya. Di sisi lain perlu ditekankan sekolah yang ramah yaitu sekolah yang memenuhi hak anak-anaknya," jelasnya.  

Acara  tersebut ditutup dengan penyerahan pelakat dari Forum Anak Kuningan dan foto bersama. (Nars)