Berita Terkini

MENPORA IMAM NAHRAWI BUKA KEJUARAAN PENCAK SILAT SE-WILAYAH TIGA JABAR



KUNINGAN - Menghadapi perhelatan olahraga Asian Games 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI terus berupaya menyosialisasikan event tersebut kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan olahraga. 

Salah satunya adalah kegiatan yang digelar oleh Paguron Pencak Silat Pusaka Mande Kuningan, di Open Space Kertawangunan Kuningan, Selasa (10/07/2018). Mereka mengadakan Kejuaraan Pencak Silat Se-Wilayah III Jawa Barat, yang diikuti oleh sekira 210 pesilat dari 24 paguron.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, secara langsung, berkesempatan membuka resmi kejuaraan tersebut didampingi oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama, Ketua IPSI Kuningan, Ukas Suharfaputra, Kepala Disporapar Kuningan, Jaka Chaerul dan Ketua DPC PKB Kuningan, Ujang Kosasih.

Ketua Panitia kejuaraan, Muhammad Ali Subhan, saat menyampaikan laporannya mengungkapkan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Menpora yang telah memberikan dukungan terhadap kegiatan olahraga, khususnya Pencak Silat di Kabupaten Kuningan.

" Menyongsong Asian Games 2018, Kami berdoa semoga sebagai tuan rumah, para atlit Indonesia bisa sukses mempersembahkan juara di semua cabang, " harapnya.

Sementara, Bupati Kuningan, Acep Purnama, juga mengaku bangga atas kesediaan Menpora Imam Nahrawi untuk membuka kejuaraan olahraga di daerahnya. Untuk itu, pihaknya sangat berterima kasih kepada Menpora dan seluruh pihak yang turut serta dalam suksesnya kejuaraan.

Terkait Pencak Silat, Bupati Acep berpendapat bahwa Pencak Silat merupakan cabang olahraga yang juga bisa membangun karakter para pendekarnya.

" Pencak Silat merupakan cikal bakal spirit Hudang Tandang dan Meunang, " tandasnya.

Terpisah, Menpora Imam Nahrawi, kepada awak media mengungkapkan sejarah bisa diakomodirnya cabang Pencak Silat dalam event Asian Games 2018. 

Menurutnya, Indonesia bisa menjadi tuan rumah Asian Games 2018, berkaitan dengan dimasukkannya Cabor Pencak Silat pada event tersebut. 

" Syarat utama Indonesia bisa menjadi tuan rumah Asian Games adalah jika dalam event tersebut dihadirkan pencak silat, " terangnya.

Maka, pihaknya yakin dalam event Asian Games 2018 mendatang, Indonesia bisa berbicara banyak dari cabor tersebut. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan bonus yang lumayan besar bagi para pesilat yang bisa meraih emas. (Nars)