Berita Terkini

PULUHAN RIBU WARGA KUNINGAN TUMPAH RUAH SAKSIKAN BABARIT




KUNINGAN - Puluhan ribu warga Kabupaten Kuningan tumpah ruah di ruas Jalan Siliwangi Kuningan, bertepatan dengan suasana Car Free Day, Ahad (02/01/2018). Apalagi berbarengan dengan CFD kali ini, diadakan pula gelaran Babarit dan pemecahan rekor RHR berupa Tape Kuningan terpanjang sedunia, nasi pincuk terpanjang dan memainkan gitar selama 18 jam non stop, dalam rangka Hari Jadi ke-520 Kuningan. 

Selain di ruas Jalan Siliwangi,  warga juga banyak memadati halaman Pendopo Setda Kuningan yang dibuka pagarnya untuk umum. Bahkan sebagian dari mereka rela pulang kampung dari perantauannya, hanya untuk menyaksikan event setahun sekali ini.

Sebelum agenda babarit,  Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH,  memberikan sambutan bahwa pada hari ini Pemkab Kuningan mengadakan syukuran Babarit dalam ramgka mensyukuri segala karunia yang Alloh SWT berikan pada bumi dan masyarakat Kuningan bertepatan dengan hari ulang tahun Kuningan.. 

" Dalam agenda hari ini juga akan digelar pemecahan rekor dunia tape ketan Kuningan sepanjang 1.000 meter,  yang disajikan oleh 520 orang petugas selama 5 menit 20 detik,. Rekor tersebut akan dicatatkan oleh Record Holder Republic (RHR) dari Bandung,  " jelas Acep. 

Dalam kesempatan Babarit, Acep mengharapkan, ke depan Kuningan bisa melaksanakan pembangunan yang merata di segala bidang. " Juga masyarakatnya semoga tetap ada dalam lindungan Alloh SWT, " imbuhnya. 

Bupati Acep juga menghimbau agar warga jangan sampai tergoda dengan budaya asing yang bertentangan dengan kearifan budaya lokal.

" Saya mengajak, mari kita melestarikan seni budaya yang tumbuh di negeri ini,  jangan sampai tergantikan oleh budaya asing. Kekayaan budaya yang kita miliki punya karaktetistik tersendiri, jangan sampai tertukar dengan budaya asing,  " tukasnya.  (Nars)

No comments