Sunday, October 7, 2018

kuningan religi

HADIRKAN MANG JAYA, KWK BERKOMITMEN LESTARIKAN SENI DAN BUDAYA SUNDA




KUNINGAN - Salah satu perkumpulan Netizen warga Kuningan, Jawa Barat, Komunitas Wargi Kuningan (KWK), menunjukkan komitmen mereka dalam melestarikan seni dan budaya Sunda dengan mengadakan kegiatan bersama di Hutan Kota Bungkirit, Kuningan, pada Sabtu (06/10/2018).

Kegiatan tersebut digelar oleh KWK Korwil Kuningan yang diketuai Kang Yayan  Soundman, dengan menghadirkan dua tokoh seni dan budaya Sunda asli Kuningan, Kuwadijaya Jamsari dan Deden Lokananta. 

Ratusan anggota dan pengurus KWK yang berkesempatan hadir, disuguhi live performance pendongeng legendaris yang biasa dikenal Mang Jaya tersebut diiringi musik khas pasundan yang dibawakan lingkung seni Lokananta.

Ketua Umum KWK, Didi Sutardi, kepada awak media memaparkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan oleh komunitasnya selain untuk melestarikan seni dan budaya Sunda, juga dalam rangka konsolidasi organisasi.


Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan bisa lebih mempererat tali persaudaraan sesama anggotanya. " Semoga dengan adanya kegiatan ini KWK bisa lebih guyub dan solid, " harapnya.

Sementara, Ketua KWK Korwil Kuningan, Yayan Soundman, menggagas penggunaan Iket Sunda sebagai ikon organisasi KWK. Untuk mengaplikasikannya, dalam kegiatan tersebut dipraktekkan juga cara penggunaan Iket Sunda yang dipandu Kang Deden Lokananta.

Terpisah, Sang Legenda Dongeng Enteng, Mang Jaya, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan KWK. Menurutnya kegiatan sejenis perlu dikembangkan untuk upaya pelestarian Bahasa dan Budaya Sunda.

" Bagus ya, karena ngamumule Bahasa Sunda, atau seni dan budaya Sunda. Ini sangat penting, mengingat di masyarakat Sunda sendiri, Kesundaan mereka sudah mulai luntur. Bagus sekali KWK mengingatkan hal itu, " ujar peraih Lifetime Achievement Dunia Penyiaran Jawa Barat dari KPID JABAR ini. (Nars)

kuningan religi

About kuningan religi

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :