Headline

HARI ANTI KORUPSI INTERNASIONAL, KEJARI KUNINGAN MESRA DENGAN ORMAS DAN LSM


KUNINGAN – Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang biasanya menjadi momen untuk para aktivis Organisasi Masyarakat dan LSM untuk berunjuk rasa pada penegak hukum dan pemerintah, tidak terlihat untuk tahun 2018 ini, di Kabupaten Kuningan tentunya.

Pihak Kejaksaan Negeri Kuningan, sebagai bagian dari aparat penegak hukum, dalam HAKI 2018 ini malahan mengundang puluhan aktivis Ormas dan LSM, yang biasanya bersuara keras di jalanan, sebagai tamu mereka.

Seperti yang terpantau di halaman Kantor Kejari Kuningan, Senin (10/12/2018), puluhan pengurus Ormas dan LSM se-Kabupaten Kuningan, terlihat akrab bersama beberapa pejabat Kejari Kuningan dalam sebuah kegiatan peringatan HAKI 2018.

Kepala Kejari Kuningan, Adhyaksa Darma Yuliano, saat dimintai keterangan seputar kegiatan tersebut memaparkan bahwa pihaknya memang sengaja mengundang para pengurus Ormas dan LSM untuk duduk bersama di HAKI tahun ini.

" Ada beberapa kegiatan dalam peringatan HAKI hari ini, pertama adalah upacara penyampaian amanat Jaksa Agung RI, kemudian dilanjutkan dengan aksi penempelan stiker dan penyebaran pamflet himbauan anti korupsi kepada masyarakat, " paparnya.

Setelah itu, imbuh Adhyaksa, pihaknya mengundang komponen Ormas dan LSM tersebut untuk duduk bersama, berdialog bersama pihak Kejari dan Pemkab Kuningan dalam tema Melangkah Pasti, Cegah dan Berantas Korupsi, Tanpa Korupsi, Indonesia Berprestasi.

" Intinya adalah bagaimana kita bersinergi dengan semua komponen di Kabupaten Kuningan untuk bersama-sama memberantas dan melakukan pencegahan tindak pidana korupsi, " ujarnya.



Pihaknya menyadari bahwa kebersamaan semua komponen bangsa dalam memberantas tindak pidana korupsi, itu harus dilaksanakan, semua komponen harus bergerak bersama.

Adhyaksa juga tidak menyangkal bahwa masih ada kesulitan dalam membuktikan perihal adanya gratifikasi dan suap-menyuap. Hal itu, menurutnya, perlu peran serta masyarakat yang terlibat di dalamnya. 

Kemesraan para aktivis Ormas dan LSM tersebut berlanjut dengan menyanyi bersama beberapa pejabat Kejari dan Pemkab Kuningan. Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, Inspektorat, Kabag Humas Setda, para ketua ormas dan LSM, juga perwakilan dari beberapa tokoh masyarakat lainnya. (Nars)