Headline

ULAR SANCA LEPAS GEGERKAN WARGA PASAR CIWARU


KUNINGAN - Munculnya seekor ular sanca batik atau ular sanca kembang berukuran sekira 2,5 meter menggemparkan para pedagang dan warga sekitar Pasar Kecamatan Ciwaru, Kuningan, Rabu (09/01/2019) pagi.

Menurut salah seorang warga, Sobur, ular tersebut sempat menyibukkan warga pasar, karena tiba-tiba muncul dan berkeliaran di jalan.

" Ada seorang pengunjung pasar yang membawa ular tersebut dalam karung. Kemudian ularnya lepas, dan sempat susah untuk ditangkap, " terang wiraswasta muda asal Desa Cikananga ini.



Ia mengaku belum sempat bertanya pada orang yang membawa karung berisi ular tersebut, mau dikemanakan ularnya.

Namun, masih kata Sobur, beberapa menit kemudian, pria yang membawa ular tersebut, bersama-sama warga berhasil kembali menangkapnya dan memasukkannya ke dalam karung.

Menurut wikipedia.org, ular Sanca Batik atau ular Sanca Kembang, merupakan jenis ular yang memiliki tubuh paling panjang di antara jenis ular lainnya. Ular Sanca Batik terpanjang di dunia yang tercatat memiliki panjang hingga 8,5 meter.



Ular tersebut memiliki sisik dengan pola khas lingkaran berbentuk jala tersusun dari warna hitam, coklat, kuning dan putih. Jenis ular ini merupakan spesies yang dilindungi, namun manusia banyak yang melakukan penangkapan hingga cenderung dikomersilkan. Ular jenis ini memang dikenal jinak. (Nars)

No comments