Header Ads

BARU DUA JENIS SURAT SUARA, TIBA DI GUDANG KPU KUNINGAN


KUNINGAN - Diangkut dengan tiga unit kontainer dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta surat suara pemilihan anggota DPR RI Dapil Jabar 10, tiba di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Kuningan, Kamis (28/02/2019) malam.

Jutaan lembar surat suara tersebut dikirim dari gudang PT Pura Barutama yang beralamat di jalan AKBP Agil Kusumadya, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis siang. 


Setiba di lokasi gudang KPU Kuningan, Jalan Cilowa Kecamatan Kramatmulya, dengan disaksikan Ketua KPU kuningan, Asep Z Fauzi, Komisioner Bawaslu Kuningan, Abdul Jalil Hermawan dan perwakilan Polres Kuningan, pintu kendaraan box tertutup dengan gembok tersegel tersebut dibuka.

Satu per satu dus yang masing-masing berisi lima ratus lembar surat suara, untuk pileg DPR RI, dimasukkan ke dalam ruangan gudang oleh sepuluh orang pekerja. 



Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi, ketika dimintai keterangan menyampaikan bahwa jumlah surat suara dalam pengiriman tahap pertama itu adalah masing-masing sejumlah 868.446 lembar untuk tiap jenisnya.

" Sebelum didistribusikan ke tiap tps, surat suara tersebut akan disimpan dan disortir terlebih dahulu. Selain itu akan dilakukan juga pelipatan surat suara dengan waktu dan tempat yang akan kami tentukan kemudian, " jelas Asfa, panggilannya.


Jumlah surat suara yang diterima KPU Kuningan tersebut, menurut Asfa, adalah masing-masing sebanyak jumlah DPT yang ada di Kabupaten Kuningan ditambah 2 persen sebagai surat suara cadangan.

" DPT Kuningan kan ada 851.417 pemilih, nah jadi ada sekira 17 ribu lembar surat suara cadangan dalam pengiriman kali ini, " ujarnya.


Menurut rencana, untuk pengiriman surat suara jenis lain, seperti untuk DPRD Provinsi, terang Asfa, akan dikirim pada Sabtu lusa (2 Maret 2019). Sedangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten/Kota, pihaknya belum menerima informasi tentang kapan pengirimannya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.