Header Ads

PILEG DPRD KUNINGAN DAPIL 1 DIKUASAI PKS?


KUNINGAN - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi mendapatkan alokasi 3 kursi dari 12 kursi yang diperebutkan dalam perhelatan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPRD Kuningan 2019 di Daerah Pemilihan 1 Kuningan, yang meliputi Kecamatan Kuningan, Garawangi, Cigugur, Sindangagung, Ciniru dan Hantara. 

Hal itu diungkapkan Jubir Lembaga Survey Independen, Jamparing Research, Tio Heriyana yang didampingi dua rekannya, Reza Muhammad Zaenal dan Muhammad Ishak, saat melakukan konferensi pers terkait hasil survey yang dilakukannya pada 1-10 Maret 2019, di Kedai Nangkring, Kuningan, Senin (18/03/2019).



Tio mengklaim hasi survey yang dilakukan pihaknya ini sangat independen dan tidak ada pesanan dari pihak manapun, sebagaimana sering banyak disangkakan pada lembaga-lembaga survey menjelang Pemilu.

Sementara, untuk perolehan kursi masing-masing partai politik lainnya di Dapil 1 DPRD Kuningan, menurut Tio, diprediksi, Gerindra dan PAN (masing-masing 2 kursi), PDIP, PPP, Demokrat, Golkar dan PKB, masing-masing harus puas dengan 1 alokasi kursi.

Prediksi perolehan kursi yang disimulasikan Jamparing Research, menurut Tio, didapatkan setelah menghitung prosentase hasil survey dibagi bilangan pembagi ganjil (1, 3 dan 5) dengan menggunakan metode Sainte Lague, nilai rata-rata tertinggi yang digunakan untuk menentukan jumlah kursi yang telah dimenangkan dalam suatu pemilihan umum.



Untuk diketahui, survey yang dilakukan Jamparing Research ini merupakan survey yang kedua kalinya terkait pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 di Kabupaten Kuningan. Jumlah responden yang  diwawancarai sebanyak 1200 orang yang tersebar di 32 kecamatan.

"Metode penarikan sample yang kami terapkan, adalah Multistage Random Sampling dengan margin of error 2.9 %. Pengumpulan data dengan cara wawancara, tatap muka dengan responden menggunakan kuisioner berbasis alat peraga specimen surat suara, " tukas Tio. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.