Headline

Yanuar Prihatin: Semangat Sukseskan Pemilu Jaga Eksistensi Pancasila


KUNINGAN - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKB, Yanuar Prihatin, gencar melaksanakan pemibaan kepancasilaan bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI. Agenda pembinaan pancasila yang kedua kali digelar Yanuar di Kabupaten Kuningan, dilaksanakan pada Senin (25/03/2019) di Wisma Permata Kuningan, yang dihadiri ratusan peserta dari komponen mahasiswa dan masyarakat umum.

Dalam uraiannya, Aleg DPR RI kelahiran Cirebon 49 tahun lalu ini memaparkan bahwa Pancasila saat ini sedang dirongrong oleh adanya pengaruh luar yang ingin mengganti eksistensinya di NKRI.



Untuk itu, pihaknya mengajak semua komponen masyarakat agar terus membangkitkan lagi semangat pendalaman nilai-nilai Pancasila, khususnya bagi para generasi muda, bahkan anak-anak.

" Membentengi NKRI dari pengaruh buruk dari luar seharusnya bisa dilakukan pada anak sejak dini, dimulai dari Keluarga. Bagaimana melatih anak tentang Pancasila, contohnya adalah menanamkan adab, sopan santun dan akhlak pada anak, " paparnya.

Pengajaran adab dan akhlak pada anak, sebelum mereka berusia 7 tahun, imbuhnya, adalah hal mendasar yang wajib dilakukan semua orangtua. Hal itu, kata Yanuar, akan membekas pada anak hingga mereka dewasa, bahkan hingga ajal menjemput.

Selanjutnya, membumikan lagi Pancasila di kalangan generasi muda, bisa dilakukan di dunia pendidikan.



" Salah satunya dengan mengenalkan kembali lagu-lagu nasional kepada anak didik kita untuk membangkitkan emosional mereka terhadap kecintaan Bangsa ini, " ujarnya.

Yanuar juga menyoroti pelaksanaan Pemilu 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Menurutnya, peningkatan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pemilu merupakan salah satu upaya untuk menjaga NKRI dan Pancasila.

Kegiatan yang bertajuk "Menggali Mutiara Pancasila dan Semangat Gotong Royong" juga menghadirkan pembicara dari BPIP Pusat langsung, Dr Lia Kian.(Nars)

No comments