Headline

PLENO PPK DI DAPIL 5 RAMPUNG, INI PREDIKSI CALEG YANG LOLOS KE DPRD KUNINGAN


KUNINGAN - Rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Daerah Pemilihan 5 Kuningan sudah rampung seluruhnya, Senin (22/04/2019).

Dari data yang diperoleh kuninganreligi.com berdasarkan hasil rekapitulasi di tiap PPK tersebut, nampak sekali persaingan ketat antar parpol yang memperebutkan enam kursi DPRD Kuningan di Dapil 5 tersebut. 

Persaingan perolehan suara antar parpol sangat tipis sekali, bahkan terjadi saling susul menyusul saat pleno PPK terakhir di PPK Kecamatan Darma, antara Partai Amanat Nasional dan Demokrat untuk mendapatkan satu kursi ke-enam.



Untuk diketahui, di Dapil 5 ini, kuota kursi DPRD Kuningan adalah sebanyak 6 kursi. Kursi terakhir diprediksi didapatkan oleh Partai Demokrat, setelah mengungguli perolehan suara PAN.

Berikut, prediksi caleg DPRD Kuningan yang lolos yang berhasil dirangkum kuninganreligi.com berdasarkan data dan keterangan berbagai sumber, hasil wawancara Senin (22/04/2019).

Kursi pertama diprediksi diraih PDIP dengan jumlah suara (parpol dan caleg) sebesar 15 ribu lebih. Kursi ini, menurut informasi, langganan didapatkan oleh Ketua DPC PDIP Kuningan, Rana Suparman. Tentunya dengan perolehan suara terbanyak yang diraihnya.

Kursi kedua, diprediksi didapatkan oleh caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 13 ribuan suara. Untuk sementara, siapa yang lolos dari PKS ini belum didapatkan kabar yang pasti.

Ketua DPD PKS Kuningan, Agus Budiman, ketika dihubungi kuninganreligi.com mengatakan pihaknya masih menunggu hasil rekapan dari DPC Subang dan Cilebak. 



" Kita lagi nunggu laporan resmi dari DPC Subang dam Cilebak, kang, belum sampai ke DPD, dokumen laporannya, " ucap Agus.

Namun, dari kabar yang didapat media ini dari beberapa tim PKS di lapangan, kursi PKS di Dapil 5 bisa diraih oleh caleg atas nama Jajang.

Kursi ketiga, Partai Golkar bisa mengumpulkan 8 ribu lebih suara, bersaing ketat dengan Gerindra, namun Golkar dikabarkan lebih unggul. Caleg pertahana, Yanto Badriyanto, diprediksi tetap bakal duduk di kursi parlemen.

Kursi keempat, beda tipis dengan Golkar, Gerindra diprediksi berhasil meloloskan satu kadernya di DPRD Kuningan dari Dapil 5 ini. Satu kursi ini disebut-sebut akan diduduki Deki Zainal Muttaqin, aktivis ormas dari Kecamatan Darma.

Caleg kelima yang digadang-gadang lolos "Kawah Candradimuka" Dapil 5, adalah Susanto dari PKB. Susanto sendiri telah mengumumkan hasil hitung suara timnya berdasarkan data DA1 yang kini dipegangnya. 



" Sesuai data kami, PKB memperoleh 7.527 suara, dan Insya Alloh bisa lolos mendapat kursi kelima, " menurut Susanto, Senin (22/04/2019).

Kursi keenam, ramai diperebutkan Demokrat dan Partai Amanat Nasional. Informasi sementara yang didapatkan kuninganreligi.com, Partai Demokrat bisa memasukkan calegnya setelah mengungguli PAN, dengan 7 ribu suara lebih. Caleg Pertahana, Saldiman Kadir dikabarkan tetap mempertahankan kursinya di Ancaran.

Prediksi ini masih bersifat sementara, karena tahapan rekapitulasi suara baru dilaksanakan di tingkat PPK. KPU Kuningan sendiri baru akan menggelar rapat pleno rekapitulasi tungsura hasil Pemilu 2019, pada akhir April ini. (Nars)

1 comment: