Header Ads

UPT Damkar Kuningan Padamkan Dua Kejadian Kebakaran dalam Sehari


KUNINGAN - Selasa (21/05/2019), terjadi dua musibah kebakaran di wilayah Kabupaten Kuningan. Dari kedua kejadian kebakaran tersebut, ditaksir kerugian materi sekira Rp 123 juta.

PLT UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M Khadafi Mufti, kepada kuninganreligi.com menjelaskan, kejadian kebakaran pertama berlangsung di sebuah rumah permanen milik pasutri Suharja (70) dan Salwai (68), warga Dusun VI Rt 22 Rw 06 Desa Cengal Kecamatan Japara.



"Kebakaran pertama terjadi sekira pukul 11:45 WIB, kepulan asap dan kobaran dari atap dapur, pertama kali dilihat Ahmad Priatna (67), warga setempat," beber Khadafi.

Kemudian, katanya, yang bersangkutan meminta pertolongan warga untuk memadamkan api. Baru, sekitar pukul 12:05 WIB, Dedi (lurah dusun setempat) menginformasikan kejadian kebakaran ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

"Satu unit kendaraan damkar dan 5 orang anggota Regu 1 meluncur ke TKP dan tiba di TKP 20 menit kemudian. Dibantu warga setempat, anggota Polsek Jalaksana, anggota Koramil Jalaksana, api berhasil dipadamkan sekira 45 menit," imbuhnya.

Saat kebakaran, penghuni sedang tidak berada di rumah. Penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik yang berada di titik ruang dapur.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Hanya saja, pemilik rumah harus menanggung kerugian sekira Rp 45juta.

Musibah kedua, terjadi di rumah seorang janda, Een Rohanah (86), warga Lingkungan Manis Rt 011 Rw 03 Jalam Tunas 2 No 303 Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan
.
Kebakaran terjadi sore hari sekira pukul 15.30 WIB. Ibu Een, pemilik rumah, saat kejadian sedang berada di rumah anaknya yang kebetulan posisinya berada di belakang TKP.

"Ibu Een mendengar suara ledakan dan kepulan asap disertai api dari atap dapur bangunan rumahnya di sebelah utara. Kemudian yang bersangkutan meminta pertolongan warga untuk memadamkan api, " ungkap Khadafi


Sekitar pukul 15.35 WIB, Fauzi (22 th) warga setempat menginformasikan kejadian kebakaran ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kuningan dan 3  unit kendaraan Damkar serta 8 orang petugas meluncur ke TKP.

"Dibantu warga setempat setempat, anggota Polsek Kuningan, api berhasil dipadamkan pada pukul 17.00 wib. Penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik yang berada di titik ruang dapur,"terangnya.

Cepatnya laporan kejadian kebakaran, penanganan kebakaran tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu, kerugian materi ditaksir sebesar Rp 78juta. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.