Headline

Lusa Lebaran, Harga Daging Sapi Sentuh Rp 140 Ribu/Kg, Warga Memilih Membeli Hari Ini


KUNINGAN -  Hari Raya Idul Fitri 1440 H tinggal beberapa saat lagi. Kemenag RI menjadwalkan akan melaksanakan Sidang Itsbat penentuan 1 Syawal 1440 H, Senin (03/06/2019) sore.

Mendekati hari-H Idul Fitri, dari pantauan kuninganreligi.com, warga Kuningan sudah banyak memadati pasar-pasar tradisional dan pusat-pusat perbelanjaan di Kuningan Kota. Selain untuk mencari keperluan pakaian untuk hari raya, sebagian dari mereka, terlihat berbelanja kebutuhan pangan untuk hidangan lebaran.


Terpantau kuninganreligi.com, Senin (03/06) di Pasar Baru Kuningan, sebagian warga sudah banyak yang menyerbu kios-kios daging di deretan utara dan barat. Malahan, di beberapa pasar rakyat tradisional di beberapa kecamatan, para pedagang daging, yang biasanya tidak ada, sudah mendirikan lapak sejak hari ini.

Dari keterangan beberapa pedagang, kuninganreligi.com mendapat keterangan bahwa harga daging sapi per Senin (03/06) adalah Rp 140 ribu/kg. Sementara untuk tulang daging sapi, mereka mematok harga Rp 100-115 ribu/kg.

"Khusus hari ini harga mencapai Rp 140 ribu/Kg. Enggak tahu untuk besok, karena kami juga terus memantau pergerakan harga. Mungkin besok bisa Rp 150 ribu, " ujar salah seorang pedagang yang enggan ditulis namanya.

Sementara, salah seorang pembeli, Heni (30), warga Kuningan, mengaku memilih untuk membeli daging sapi hari ini, mengingat harga yang masih stabil. 

"Kalau beli besok, kami khawatir harga melonjak lagi. Di samping itu untuk menghindar kemacetan juga, kalau belanjanya besok. Kan dagingnya masih bisa disimpan di freezer," katanya.


Sementara untuk harga daging kambing, terpantau masih sekitar Rp 120-125 ribu/kg. Untuk daging ayam broiler, para pedagang di pasar tradisional tersebut menjual di kisaran Rp 35-36ribu/kg.

Untuk komoditas pangan lainnya, juga terpantau mengalami sedikit kenaikan harga. Namun, dari kondisi warga yang memadati pasar-pasar tradisional tersebut, rupanya kenaikan harga tidak mempengaruhi antusiasme mereka untuk membeli.(Nars)

1 comment: