Header Ads

Arti Parasamya Purnakarya Nugraha, Penghargaan yang Diraih Kabupaten Kuningan Hari Ini


Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapat penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri, yang diserahkan langsung oleh Wapres Jusuf Kalla kepada Bupati Kuningan, Acep Purnama, di Jakarta Convention Centre, Rabu (17/07/2019).

Penghargaan tersebut berhak didapat Kabupaten Kuningan setelah berhasil mempertahankan prestasi kinerja tertinggi nasional selama tiga tahun berturut-turut, 2016, 2017 dan 2018, serta kepala daerahnya mendapat penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha pada tahun 2018.



Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, merupakan penghargaan tertinggi yang diidam-idamkan semua pemerintah daerah, karena dengan raihan penghargaan tersebut membuktikan bahwa pemerintah daerah setempat telah sukses dalam melaksanakan kinerjanya sesuai dengan capaian yang diharapkan semua pihak.

Apalagi, di atas kertas dibuktikan dengan prestasi hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Jika melihat sejarah, Anugerah Parasamya ini telah diberikan sejak Jaman Orde Baru, sesuai Peraturan Pemerintah RI Nomor 38 Tahun 1973 tentang Tanda Kehomatan Prasanya Purnakarya Nugraha.

Saat ditetapkannya dalam PP tersebut, Parasamya Purnakarya Nugraha (PPN) adalah suatu Tanda Kehormatan yang diadakan dengan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menunjukkan hasil karya tertinggi pelaksanaan Pembangunan Lima Tahun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh Rakyat.

Sementara dari bahasa, Parasamya berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti Berprestasi, Cerdas. Sedangkan Purnakarya, berarti hasil kerja yang tuntas, sukses, berhasil. Dan Nugraha berarti anugerah atau penghargaan.

Menurut istilah, Parasamya Purnakarya Nugraha berarti Anugerah atas pekerjaan yang baik atau sempurna untuk (kepentingan) semua orang.

Semoga dengan diraihnya penghargaan tertinggi dalam kinerja dan tata kelola pemerintahan oleh Kabupaten Kuningan ini bisa menjadi awal dari komitmen baik semua pihak terutama Pemkab Kuningan untuk mewujudkan Kuningan dan masyarakatnya yang lebih baik, sejahtera, agamis dan unggul, tidak sebatas jargon dan lip service belaka. 

Selamat Bekerja !

Penulis: Nanang Subarnas (Pemred Media Online Kuningan Religi)

No comments

Powered by Blogger.