Header Ads

Gubernur Gorontalo Bawa 8 Bupatinya untuk "Pelajari" Waduk Darma


KUNINGAN (KR) - Keberadaan Waduk Darma di Kabupaten Kuningan menarik perhatian orang nomor satu di Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie. Gubernur yang mengaku sudah lama mengenal wilayah Kabupaten Kuningan sejak dulu ini, sengaja membawa rombongan yang terdiri dari 8 Bupati dan kepala dinas terkait di Gorontalo untuk mengambil ilmu dari pengelolaan Waduk Darma.

Tak hanya itu, Rusli juga mengajak serta Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang bersama Pejabat BBWS di wilayahnya.

"Tujuan kita ke sini adalah untuk studi banding, melihat bagaimana pengelolaan Waduk Darma ini," terang Gubernur Rusli Habibie kepada kuninganreligi.com saat meninjau suasana Waduk Darma, Sabtu (13/07/2019).

Waduk yang dibangun pada zaman Belanda itu, kata Rusli Habibie, jadi obyek studi banding pihaknya dalam membuat Perda tentang Zonasi Danau di Provinsi Gorontalo.

"Kami juga akan membuat Perda tentang Zero Keramba nanti, sehingga Forkopimda di Gorontalo punya dasar hukum untuk menertibkan pengelolaan danau," ujarnya didampingi Pangdam XIII Merdeka, Tiopan Aritonang.

Kenapa diterapkan Perda Zero Keramba, Rusli menambahkan, karena keberadaan keramba menurutnya akan memicu pada cepatnya pertumbuhan eceng gondok yang sangat mengganggu.

Keberadaan waduk atau danau di Gorontalo, ujar Rusli, akan dibangun sebagai pengendali banjir, perikanan air tawar juga untuk obyek wisata seperti di Waduk Darma.


"Pada tahun 1987, Saya sudah muter-muter di Waduk Darma ini, sekarang dilihat bersih, airnya juga menjadi sumber air bagi PDAM dan perairan pertanian di sini," ucapnya.

Pihaknya mengaku sudeh memerintahkan SKPD terkait di Gorontalo untuk mengadopsi pengelolaan Waduk Darma yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

Terpisah, Sekretaris Daerah Pemkab Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, mengaku senang atas kunjungan Studi Banding yang dilakukan rombongan Gubernur Gorontalo di Waduk Darma.

"Beliau merupakan gubernur dua periode di sana yang sedang giat membangun wisata. Di Gorontalo ada waduk atau danau yang luasnya lebih besar dari Waduk Darma yang akan dikelola dengan mengadopsi pengelolaan Waduk Darma ini," kata Sekda Dian.

Selain melihat-lihat kondisi Waduk Darma, Rombongan Gubernur Gorontalo juga berkesempatan menyaksikan Event Adventure Jelajah Wisata Kuningan #1 yang sedang digelar. 

Gubernur Rusli bersama Bupati Kuningan bertukar cindera mata. Bupati Kuningan, berjanji akan mengadakan kunjungan balasan ke Gorontalo sebagai penghargaan atas pengakuannya pada keberhasilan pengelolaan Wisata di Kabupaten Kuningan.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.