Dekat Perumahan Alam Asri, Kebakaran Lahan Terjadi Senin Pagi


KUNINGAN - Musim kemarau yang belum kunjung habis, mengakibatkan lahan-lahan bervegetasi kering rentan terhadap timbulnya kebakaran. Pemicu yang sama dari kebakaran beberapa lahan belakangan ini adalah adanya aktivitas warga yang membuka lahan dengan cara membakar serasah.

Seperti pada Senin (26/08/2019), kejadian kebakaran lahan yang dipicu oleh pembakaran untuk membuka lahan, terjadi di Desa Kasturi, Kecamatan/Kabupaten Kuningan. Tepatnya di  sekitar Perumahan Alam Asri 1 dan 2.

Lahan seluas 500 meter persegi, terlihat terbakar Senin siang sekira pukul 11:00 WIB. Warga yang pertama kali melihat, Titin (50 tahun) langsung berinisiatif melaporkan kejadian kebakaran tersebut ke Kantor UPT. Damkar Satpol PP Kabupaten. Kuningan melalui sambungan telepon.



"Untuk merespon kejadian tersebut, 5 orang anggota Regu 1 Damkar Kuningan meluncur ke TKP dengan 1 unit Randis Damkar, " terang PLT Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M Khadafi Mufti, kepada kuninganreligi.com.

Beruntung dengan cepatnya respon, api berhasil dipadamkan sebelum meluas ke lokasi lainnya. Dibantu oleh warga yang kebetuan ada di sekitar TKP, api  bisa dikendalikan  30 menit kemudian.

UPT Damkar Kuningan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar jangan membakar sampah di sembarang tempat  dan atau membakar untuk membuka lahan.

"Karena dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, apalagi situasi saat ini sedang musim kemarau., " tukas Khadafi (Nars)

No comments

Powered by Blogger.