Inovasi di Desa Cibulan Tak Akan Berhenti, Meski Telah Jadi Juara


KUNINGAN - Desa Cibulan mampu menunjukkan prestasinya di tingkat nasional sebagai Juara Harapan 2 Lomba Desa setelah sebelumnya juga menjuarai Lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat di urutan teratas.

Prestasi yang membawa harum Kabupaten Kuningan tersebut tidak lepas dari kegigihan Sang Kepala Desa, Iwan Gunawan, yang bertekad membuat desanya bisa memberikan kesejahteraan buat masyarakat.



Dan mimpi Kades Iwan pun terus diwujudkannya dengan mengoptimalkan segala potensi baik SDA maupun SDM yang dimiliki Desa Cibulan. 

Berawal dari mimpi membuat lahan bekas galian pasir menjadi lahan produktif untuk mensejahterakan masyarakatnya, Iwan pun mendapat dorongan kuat dari Pemkab Kuningan melalui dinas terkait, seperti Camat Cidahu, DPMD, Dinas Pertanian, bahkan dari seluruh lembaga desa.

Kepada kuninganreligi.com Kades Iwan menerangkan, meski telah mendapat predikat juara di tingkat Provinsi, namun pihaknya akan terus untuk melanjutkan inoavasi di berbagai bidang sebagai upaya untuk melanjutkan pembangunan desanya.

"Ke depan Desa Cibulan harus terus bersinar, maju dan unggul selaras dengan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Kuningan " maju, agamis dan pinunjul berbasis desa"," ujarnya.

Sebagai upaya implementasi hal itu, saat ini pihaknya sedang terus menjalankan salah satu inovasi pada lahan eks galian pasir menjadi kawasan yg produktif menjadi lahan pertanian yang teritegrasi mulai dari on farm sd of farm ( hulu - hilir) dengan adanya penanaman komoditas kedelai yang dilengkapi dng unit pengolah hasilnya.

"Kami akan terus melanjutkan program-program tersebut dengan bekerjasama dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa atau yang lainya," imbuh Iwan.



Dengan terlaksananya program tersebut, Ia bersama masyarakat terus mengimplementasikan program dengan  kerja keras sehingga ke depan bisa mampu mandiri dan mampu mensejahterakan masyarakat desanya. 

"Selanjutnya dengan mohon doa restu dari semua pihak terkait kami ingin membentuk kawasan Bumi Kedelai Cibulan (BKC) dengan produk kami berlabel " BOKOR CIREMAI"  ( Beragam Olahan Kedelai Organik Cibulan Renyah, mantap dan Istimewa) dengan hasil olahan produk ini kami ingin berkloborasi dengan Bumdes Cibulan untuk mengembangkan produk kami ini bisa masuk di pasaran lokal, regional, nasional bahkan bisa menembus eksport," pungkasnya penuh harap.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.