Sabet Juara Lomba Desa di Jabar, Desa Cibulan Makin Bersinar


KUNINGAN - Berbekal inovasi yang telah dilakukan baik di bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan, Desa Cibulan dinobatkan sebagai Juara Harapan 2 Lomba Desa Tingkat Nasional dan Juara 1 Lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Penyerahan penghargaan tingkat Nasional dilaksanakan pada acara Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan di Hotel Discovery Ancol Jakarta, 15 Agustus lalu. Selain itu Kades Cibulan berkesempatan mendapat kehormatan mengikuti upacara HUT ke-74 Republik Indonesia bersama Presiden di Istana Negara.

Sedangkan untuk penyerahan Juara 1 Lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat dilakukan bertepatan dengan Apel Besar Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Barat di Lapangan Gasibu Bandung yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil. Penghargaan yang diserahkan berupa piala, piagam dan uang pembinaan.



Sesaat setelah menerima penghargaan, Kepala Desa Cibulan, Iwan Gunawan menuturkan kepada kuninganreligi.com bahwa rangkaian Lomba Desa dan Kelurahan telah dilaluinya tahap demi tahap, dan para juara telah menunjukkan berbagai keunggulannya. 

"Namun, sesuai Pasal 4 Permendagri 81/2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, bahwa Lomba Desa dan Kelurahan hanyalah bagian dari Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Artinya, setelah tahapan ini masih ada tahapan lain yang telah menanti," kata Iwan.

Sebagai Juara 1 Lomba Desa tingkat provinsi, imbuhnya, Desa Cibulan berkesempatan mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari desa-desa dan kelurahan-kelurahan juara se-Indonesia.

"Ini bukan akhir dari perjalanan Pemerintah Desa Cibulan, tetapi langkah awal untuk tetap berinovasi dalam rangka mewujudkan Desa Cibulan BERSINAR," tandasnya.

Kades Iwan juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kuningan, Kepala DPMD Kuningan, DPM Desa Provinsi Jawa Barat, Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Kuningan dan Provinsi, Camat Cidahu, Perangkat Desa, Lembaga Desa serta masyarakat petani kedelai Cibulan dan semua pihak.

"Semoga dengan prestasi yang diraih ini menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja kedepan.  Langkah kedepan Cibulan ingin terus berbenah menjadi sebuah desa yang mandiri dan unggul dalam pengembangan SDM dan SDA dengan inovasi-inovasinya sesuai potensi yang kami miliki untuk mensejahterahkan masyarakat, " ujarnya.



Sementara, Bupati Kuningan, H Acep Purnama, sangat mengapresiasi terhadap prestasi yang dicapai Desa Cibulan sehingga bisa membawa nama baik Kabupaten Kuningan di tingkat provinsi dan nasional.

“Apresiasi juga saya sampaikan kepada Desa Cibulan Kecamatan Cidahu yang telah mendapatkan penghargaan dan mendapatkan hadiah insentif sebesar 100 juta rupiah, sebagai Desa yang telah melakukan inovasi, merubah lahan eks galian menjadi lahan tanaman kacang kedelai. Saya ucapkan terima kasih mudah-mudahan apa yang kita perbuat ini bisa menjadi contoh bagi semua masyarakat Kabupaten Kuningan “ kata Bupati Acep. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.