Agenda Terakhir Harjad ke 521 Kuningan, Pacuan Kuda Jadi Atraksi Wisata Andalan


KUNINGAN - Rangkaian Hari Jadi ke-521 Kuningan dipungkas dengan kegiatan Pacuan Kuda Tradisional, yang dilaksanakan di Lapangan Pacuan Kuda Kompleks KIC, Jalan Soekarno-Hatta Kuningan, Ahad (22/09/2019).

Sejumlah 82 kuda dengan puluhan joki, yang sebagian besar berprofesi sebagai Sais Delman, ikut meramaikan perhelatan tahunan tersebut. Di tahun 2019 ini, balapan kuda tradisional yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan, PHBN dan Pordasi Kuningan tersebut telah menjadi atraksi rutin ke-12 kalinya.



Kepala Disporapar Kuningan, Jaka Chaerul dalam laporan panitia mengungkapkan, pihaknya meyakinkan bahwa penyelenggaraan pacuan kuda tradisional akan selalu dilaksanakan sebagai agenda rutin sekaligus jadi atraksi wisata andalan di kota yang memiliki lambang kuda ini.

"Selain sebagai promosi wisata dan pelestarian budaya lokal, pacuan kuda tradisional ini juga memberi ruang kepada para joki berkuda untuk mengasah prestasinya," kata Jaka.

Senada dengan panitia, Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda didampingi Sekda, H Dian Rachmat Yanuar, berjanji akan terus memperjuangkan atraksi pacuan kuda ini menjadi agenda yang dilaksanakan setiap tahun.

"Ada istilah kecil-kecil kuda kuningan, ini bermakna bahwa peran sekecil apa pun harus bisa membawa manfaat bagi semuanya. Mari tunjukkan prestasi dan jadikan ajang ini untuk mendatangkan wisatawan tertarik berkunjung ke Kuningan," ajaknya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.