Header Ads

Belum Banyak yang Tahu, Ini Khasiat Air Hujan Perdana Setelah Kemarau

Cara Menampung Ait Hujan (foto dari wikihow)

KUNINGAN - Sebagian daerah di Kabupaten Kuningan pada Rabu (09/10/2019) malam mendapat berkah dengan turunnya air hujan perdana setelah sekian lama musim kemarau menimpa. 

Warga dengan sumringah menyambut turunnya hujan dengan berucap syukur karena dengan tibanya musim penghujan akan mengatasi masalah kekurangan air bersih dan kekeringan di beberapa tempat di Kabupaten Kuningan yang telah berlangsung lebih dari 4 bulan tersebut.



Turunnya hujan perdana setelah kemarau, bagi sebagian orang yang mengetahui, selalu dimanfaatkan untuk menampung air dengan ember dan peralatan lainnya. Menurut mereka, air hujan perdana yang ditampung langsung dari langit ini, bisa mengobati berbagai macam penyakit dan bisa menyuburkan lahan pertanian. 

Bahkan Rasulullah SAW pun pernah mengajarkan bahwa air hujan merupakan obat super ampuh untuk segala penyakit. Baca haditsnya di link berikut:


Berikut hasil penelusuran kuninganreligi.com dari berbagai sumber tentang manfaat air hujan:

Seperti dilansir DrHealthBenefits ada beberapa manfaat air hujan untuk kesehatan, diantaranya:

1. Bisa mengobati masalah pencernaan
Sebagian pengobat tradisional Islami berpendapat bahwa air hujan bisa membantu menenangkan mukosa lambung yang teriritasi dan menetralkan asam lambung. Cara mengobatinya dengan meminum air hujan dengan pH basa sebanyak 2-3 sendok saat perut kosong setiap pagi.

2. pH Alkaline dalam air hujan
Air hujan murni memiliki pH yang sama dengan air suling dan air yang disaring secara Reverse Osmosis (RO). Dengan derajat keasaman alkaline tersebut, air hujan bermanfaat untuk detoksifikasi dan sistem pencernaan yang sehat.

3. Air hujan tanpa fluorida dan klorin
Klorin yang digunakan berguna untuk membunuh kuman dalam air ledeng, sementara kandungan fluoride dalam air berasal dari tanah.
Air hujan tidak mengandung klorin – dikenal sebagai zat korosif yang dapat memperparah luka. Jadi, sangat aman.
Minum air yang mengandung banyak klorin dan fluorida dapat menganggu kesehatan tubuh, seperti sakit kepala, gastritis, dan organ tubuh lainnya yang rusak karena efek korosif klorin.

4. Menyehatkan rambut
Manfaat air hujan yang alami dan bersifat ringan dapat membantu menghilangkan kotoran lebih efektif, karena air hujan bekerja lebih baik dengan sampo dan sabun. Kandungan pH alkali dalam air hujan meningkatkan pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut.

Jika dibandingkan, air biasa yang mengandung pH asam dapat merusak keratin dan folikel rambut, sehingga menyebabkan rambut rapuh.

5. Membantu menyehatkan kulit
Mandi dengan air hujan membuat sabun bekerja lebih efektif pada kulit, meskipun menggunakan sedikit sabun.

6. Mencegah jerawat dan bisul
Khasiat air hujan yang bersifat ringan dapat membersihkan kulit lebih efektif, karena mampu menghilangkan bakteri jahat penyebab jerawat dan bisul. PH basa dalam air hujan juga dapat membantu meredakan jerawat dan bisul yang meradang.

Jadi, seringlah mencuci wajah dengan air hujan agar kulit wajah Anda terbebas dari jerawat.

7. Antikanker
Kandungan pH basa dalam air hujan bisa menghambat proliferasi sel kanker, karena membantu mengembalikan pH netral darah dan sel tubuh, yang membuat air hujan bertindak seperti antioksidan.

Menurut pengobatan tradisional di India, penderita penyakit ganas ini disarankan minum air hujan lebih banyak. Minumlah air hujan di bulan pertama yang dipercaya memiliki manfaat terbaik.



8. Menenangkan
Selain itu, manfaat air hujan untuk mandi juga membuat pikiran lebih tenang, cocok bagi Anda yang stres dengan rutinitas pekerjaan yang melelahkan.

Jadi mumpung saat ini di Kuningan masih hujan awal pastikan anda menampung air hujan di tempat yang bersih agar tidak terkontaminasi dengan kotoran lainnya.

Jangan langsung menampung air hujan yang baru turun. Tunggu hingga 15-20 menit setelah hujan turun, karena polutan berbahaya akan ikut turun bersama air hujan yang pertama turun.

Tampung air hujan yang langsung jatuh dari atas langit, bukan air yang jatuh melalui atap. Air yang telah melewati atap kurang dapat dipastikan kebersihannya.

Setelah hujan berhenti, simpan air dengan cara menutupnya rapat.
Jika menginginkan khasiat air hujan, jangan dikonsumsi langsung melainkan harus dimasak terlebih dulu.



Air yang lebih aman seharusnya tidak memiliki rasa, warna, maupun aroma yang mengganggu. Jika menemukan air tersebut, ada baiknya tidak menggunakannya baik untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci atau mandi, apalagi untuk memasak.

Manfaat air hujan untuk kesehatan bisa Anda buktikan sendiri, namun pastikan untuk memerhatikan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas. Kondisi udara di setiap daerah berbeda-beda, sehingga kemungkinan akan menghasilkan air hujan dengan kualitas yang berbeda-beda. Gunakanlah air hujan dengan bijak, hati-hati, dan hanya jika kekurangan sumber air lainnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.