Yanuar Prihatin: Kades Terpilih Perlu Fokus pada Pembangunan SDM Desa


KUNINGAN - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Daerah Pemilihan Jabar X, H Yanuar Prihatin, menggelar silaturahmi dengan beberapa kepala desa terpilih dari Pilkades serentak yang digelar beberapa waktu lalu di Kuningan.

Para kades terpilih tersebut dikumpulkan dalam satu ruangan bersamaan dengan tokoh masyarakat, pemuda dan beberapa pengurus BumDes dari sebagian desa di Kabupaten Kuningan. Agenda digelar di aula Kantor Desa /Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Ahad (24/11/2019) kemarin.

Kepada media, Yanuar mengatakan bahwa agenda itu merupakan kegiatan silaturahmi untuk bertukar informasi, menjalin semangat kerjasama dan  koordinasi bersama para kades terpilih untuk menentukan arah pembangunan desa ke depan.



"Mereka kan pemimpin baru di desanya sehingga memerlukan networking, jaringan dan perlu ada bimbingan tentang cara-cara membangun desa ke depan. Materinya adalah bagaimana membangun desa, " ungkap Yanuar, kepada kuninganreligi.com, Ahad siang.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya, mencoba menyaring informasi dan masukan dari para kades terpilih terkait problem, hambatan dan apa yang harus dilakukan dalam pemerintahan desa ke depan.

"Kita dengar apa yang jadi pokok prioritas, hambatan utama. Mereka mengungkapkan bervariasi dari tiap desa tadi. Ada yang mengatakan tidak kondusif di lingkungan aparat desanya, ada yang merasa jejak kades masa lalu masih meninggalkan luka sehingga harus direcovery, ada juga yang keterbatasan soal situasi potensi lokal," ujarnya. 

Ia memandang hal itu semua sangat penting karena desa merupakan ujung tombak untuk pembangunan masyarakat. 

"Ada banyak tindak lanjut dari silaturahmi ini. Ini hanya awal, ke depannya nanti ada program lanjutan, seperti pelatihan, kegiatan keagamaan, koordinasi berkaitan peningkatan aparat desa, kepemudaan, BumDes dan lain sebagainya, " papar Dia.

Yanuar berharap para kades terpilih bisa mengemban amanat yang diberikan wwarga dengan cara meningkatkan kepercayaan warga pada dirinya. Juga dibuktikan dengan kinerja bahwa apa yang dilakukan aparat desa bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Karena mereka sekarang sebagai pemimpin, sehingga tidak bisa lagi berfikir untuk dirinya dan kelompoknya saja, tapi harus merangkul seluruh warga, istilahnya ada recovery sosial, " imbuhnya.

Dirinya juga menghimbau mereka untuk punya prioritas apa yang dilakukan dan fokus pada berapa hal penting di desa masing-masing.



"Pilihan terdepan adalah bagaimana caranya membangun SDMnya agar masyarakat desa tidak merantau. Agar warga, dengan membangun desa, mereka bisa hidup dan tumbuh di situ, berkembang di situ sehingga SDM di desa tidak kekurangan, " tandas Yanuar.

Pekerjaan berat ini, pungkasnya, harus terus dicari jalan ke depannya bagaimana, karena ini merupakan tanggung jawab bersama semua pihak.

Kegiatan silaturahmi tersebut dihadiri juga oleh Ketua DPC PKB Kuningan, H Ujang Kosasih dan Anggota DPRD Kuningan Fraksi PKB, H Hariri. (Ries)

No comments

Powered by Blogger.