Selama Tahun 2019, Ini Deretan Penghargaan yang Diraih Kabupaten Kuningan


KUNINGAN - Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Kuningan yang memiliki Visi Makmur, Agamis dan Pinunjul Berbasis Desa, terus berbenah diri menunjukkan kinerjanya di berbagai bidang.

Berbagai inovasi dan terobosan positif terus digali, baik dalam hal pemerintahan, ekonomi, pendidikan, kesehatan hingga penggalian potensi desa menjadi desa-desa yang pinunjul dalam berbagai aspek.

Tak ayal, kerja keras Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan selama tahun 2019 ini akhirnya bisa mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dan berbagai kalangan dalam bentuk penghargaan.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama, dalam setiap agenda penganugerahan penghargaan tetap menegaskan, bahwa penghargaan yang diraih adalah hasil kerja bareng semua pihak, termasuk paraa stakeholder pemerintahan, FKPD dan masyarakat  Kabupaten Kuningan.

"Ini membuktikan pencapaian kinerja pemerintah dan adanya sinergitas dari semua komponen, sehingga bisa didapatkan penghargaan tersebut," ujarnya.

Berikut deretan penghargaan yang diraih Kabupaten Kuningan selama tahuun 2019:

1. Penghargaan meraih Predikat B Hasil Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah ( LAKIP) 2018. Diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, bertempat di Trans Luxuri Hotel Bandung, Senin, (28/1/2019).

2. Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Humas Setda, menerima Penghargaan PRIA (Public Relations Indonesia Awards) Kategori Program Government PR dengan programnya WAKUNCAR HANI (Waktu Kuningan Cari Hiburan dan Informasi) pada Malam Penghargaan PRIA 2019 di Trans Luxury Hotel Bandung. (28/3/2019), penghargaan diterima oleh Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah, yang mewakili Bupati Kuningan.

3. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik ke-3 Tahun 2019, kategori kabupaten se-Provinsi Jawa Barat. Piagam penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bupati Kuningan Acep Purnama,  pada  acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jawa Barat, bertempat di Trans Convention Centre The Trans Luxury Hotel, pada Selasa, (2/4/2019).

4. Penghargaan Kategori “Prestasi Kinerja Tertinggi Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah”, Berdasarkan Laporan Penyelenggaraaan  Pemerintah Daerah (LPPD Tahun 2017). Dengan torehan poin senilai 3,3807 menganhantarkan Pemerintah Kabupaten Kuningan berada pada peringkat 5 Nasional. Diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahyo Kumolo. Bertempat di Lapangan Diponegoro Kabupaten Banyuwangi pada Kamis, (25/4/2019).

5. Berhasil mempertahankan untuk yang ke 5 kali secara berturut-turut Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Jawa Barat di auditorium Kantor BPK RI perwakilan Jawa Barat Jalan Moch. Toha Bandung, Senin (27/5/2019). Opini WTP tersebut merupakan penilaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun (TA) 2018.

6. Penghragaan, Kategori Manggala Karya Kencana Minggu (7/7/2019), yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, kepada Bupati Kuningan, dalam helaran acara puncak peringatan “Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI”, di Lapangan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, pada hari Sabtu (6/7/2019).

7. Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Ibu Bupati Hj. Ika Siti Rahmatika Menerima Penghargaan kategori Tokoh Masyarakat Peduli Lanjut Usia pada Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 Tahun 2019, dari Menteri Sosial RI. Pada Selasa s/d Rabu, 9-10 Juli 2019 bertempat di Bandung Jawa Barat.

8. Penghargaan ‘Parasamya Purnakarya Nugraha’, yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC), pada Rabu (17/7/2019).

9. Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk kategori Pratama untuk keempat kalinya dari Republik Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA. Bertempat di Kota Makasar, Sulawesi Selatan, pada Selasa (23/07/2019)

10. Penghargaan PPID AWARD 2019 dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat. Diserahkan langsung oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada acara Seminar Public Relation Summit 2019 dalam rangkaian Piala Humas Jabar-Refleksi 1 Tahun Jabar Juara di The Trans Luxury Hotel, jl.Gatot Subroto Bandung, Jum'at (9/8/2019).

11. Desa Cibulan Kecamatan Cidahu menjadi Juara Harapan II Tingkat Nasional dan Juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Penyerahan Penghargaan tersebut dilaksanakan pada acara Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Desa dan Kelurahan di  Hotel Discovery Ancol Jakarta 15 Agustus 2019 dan Kepala Desa Cibuntu berkesempatan mendapat kehormatan mengikuti upacara HUT RI ke 74 bersama Presiden di Istana Merdeka.

12. Penghargaan sebagai Juara 1 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Kategori Kabupaten/Kota se-Jabar Tahun 2019. Penyerahan Penghargaan tersebut oleh Gubernur Jawa Barat dilaksanakan pada acara Peringatan Hari Jadi Jawa Barat ke-74 di Lapangan Gasibu Bandung 19 Agustus 2019.

13. Paseban Tri Panca Tunggal di Kelurahan/Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan pada tanggal 24 Agustus 2019 dinobatkan sebagai salah satu dari 74 Ikon Prestasi Pancasila di Indonesia Tahun 2019 oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Acara Seren Taun. Paseban Tri Panca Tunggal dinyatakan sebagai komunitass yang memberlakukan adat sebagai pengikat nulai masyarakat yang beragam, juga perawat tradisi karuhun Sunda.

14. Penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun  2019 Untuk Penilaian Selama 2 Thm 2018-2019. Kategori Kuningan adalah Kota Kecil. Di Provinsi Jawa Barat Penyerahan Dilaksanakan Di Jakarta Convention Centre,  Ahad (15/09/2019) . WTN Diberikan Kepada Pemerintah Kabupaten Dan Kota yang Memiliki Manajemen Dan Tata Kelola Transportasi Yang Baik.

15. Penghargaan sebagai Tokoh Peduli Legalitas Pernikahan dari Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Jawa Barat melalui program itsbat nikah massal gratis 90 pasangan pengantin. Penghargaan diterima Hj. Ika Acep Purnama sebagai Ketua LKKS Kabupaten Kuningan, pada Senin (09/09/2019) bertempat di Pendopo Kuningan.

16. Penghargaan Anugerah Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA), Kategori Tata Kelola Destinasi tahun 2019 yang diterima oleh Kepala Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Trophy dan Piagam Penghargaannya diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya di Jakarta, pada Kamis (26 September 2019)

17. Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kuningan meraih penghargaan juara umum untuk kabupaten/kota se-Jawa Barat dalam ajang Kanreg III BKN Award 2019 yang diserahkan di Bandung oleh kepala kantor Regional III BKN Jawa Barat, pada Kamis (03/10/2019). 

18. Penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019 yang diselenggarakan oleh Indonesia Institue For Public Governance (IPPG) di Hotel Bidakara Jakarta. Sebagai pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota serta para pemimpin inovatif dengan kinerja dan tata kelola pemerintahan yang baik dan telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola yang amanah. 

19. Bupati Kuningan mendapat Penghargaan dalam Jambore Publik Relation Indonesia (JAMPIRO) Kategori The Most Popular Leadership in Social Media 2019 Versi Public Relations (PR) Indonesia. Proses Penilaiannya Di Mulai Tanggal 1 Januari 2019 - 31 Agustus 2019, Melalui Aplikasi Intelligence Perception Analysis Yang Dilakukan Oleh Lembaga Indenpendent Yaitu Indonesia Indicator, sesuai Dengan Percakapan Positif Di Media Sosial Yaitu Twiter, Facebook Dan Instagram. Pada Kamis (31/10/2019), di Bali.

20. Bupati Kuningan meraih penghargaan yakni Kinerja Penyelenggaraan Penataan Ruang Kabupaten/Kota Terbaik Wilayah Barat Tahun 2019 dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia karena dianggap berhasil dalam pelaksanaan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi dan berhasil penataan ruang terbuka hijau (RTH). Pada hari Kamis 7 November 2019 bertempat di Jakarta.

21. Penghargaan Swasti Saba atau Kabupaten sehat tahun 2019 tingkat Nasional diterima oleh Bupati Kuningan, yang diserahkan Langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian didampingi Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto. bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta, pada Selasa (19/11/2019).

22. Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapatkan Penghargaan Predikat Opini WTP dalam Menyusun dan Penyajian Laporan keuangan Tahun 2018. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat H.M. Ridwan Kamil kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH., MH. Bertempat di Ballroom Hotel Hilton Bandung, pada Selasa (19/11/2019).

23. Kontingen Atlet Porsenitas VIII Kabupaten Kuningan yang Berlaga dari Tanggal 26 – 29 November 2019 di Kabupaten Brebes menduduki peringkat 3 dari 9 Kabupaten/Kota yang mengikuti kegiatan ini dengan perolehan 8 medali emas, 8 perak dan 6 perunggu. Raihan medali emas diperoleh dari cabang olahraga Catur (4 emas), Bulutangkis (2 emas), dan Basket (1 emas) dan Futsal (1 emas).

24. Bupati Kuningan menerima Penghargaan KADIN AWARDS sebagai Kepala Pemerintahan Kota Terbaik dalam acara peresmian pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) KADIN 2019 oleh Presiden Republik Indonesia bertempat di The Westin Resort Nusa Dua Bali, pada Jumat (29/11/2019). 

25. Bupati Kuningan menerima Penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha adalah sebuah apresiasi tertinggi dari guru-guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kepada kepala daerah yang memiliki komitmen teguh memajukan kualitas pendidikan dan mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru pada Puncak Peringatan HUT ke-74 PGRI dan HGN Tahun 2019 bertempat di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Bekasi, pada Sabtu (30/11/2019).

26. Bupati Kuningan menerima Penghargaan Anubhawa Sasana Desa / Kelurahan dari Menhukam dan Gubernur Provinsi Jawa Barat bertempat di Gedung Sate Bandung, pada Rabu (4/12/2019). 

27. Wakil Bupati HM Ridho Suganda, meraih penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha Award tingkat Provinsi Jawa Barat. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sebagai kader utama karang taruna terbaik, atas kepedulian terhadap pemberdayaan pemuda di Kabupaten Kuningan. Penghargaan diberikan langsung Sekretaris Dinas Sosial Pemprov Jabar, Barnas Adjidin dan Ketua Karang Taruna Jabar Subchan Daragana bertempat di Sport Jabar Arcamanik Kota Bandung, pada Selasa (17/12/2019).

(Nars)

No comments

Powered by Blogger.