Pisah Sambut Wakapolres Kuningan Berlangsung Khidmat



KUNINGAN - Setelah dilaksanakan Serah Terima Jabatan Wakapolres Kuningan,  dari Kompol Hilman Muslim kepada Kompol Jaka Mulyana,  Jum'at (28/02/2020) pagi di halaman Mapolres Kuningan,  pada siang harinya digelar acara Pisah Sambut bertempat di Aula RM Mayang Catering, Jalan RE Martadinata,  Kuningan.

Selain pisah sambut Wakapolres,  kegiatan yang dihadiri ratusan anggota Polres Kuningan itu,  juga digelar untuk melepas Pejabat lama Kabag OPS dan Kabag Ren,  yang sebulan lagi memasuki masa purna tugas.

Enam pejabat Kapolsek yang baru dilantik juga didaulat untuk memperkenalkan diri di depan Kapolres dan Wakapolres Kuningan yang baru.

Dalam ucapan perpisahannya,  Wakapolres Kompol Hilman Muslim yang kini bertugas di Polres Cianjur, menceritakan bahwa surat perintah penunjukkan dirinya sebagai Wakapolres Cianjur hanya berselang sehari setelah adanya Sprin penunjukkan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik sebagai Kapolres Kuningan.



"Saya pernah bercita-cita tugas di Brimob, namun waktu itu tidak diijinkan atasan saat itu. Hingga sekarang Saya merasa punya hubungan emosional yang dekat dengan Korps Brimob seperti Pak Kapolres Kuningan yang baru,  " ungkapnya.

Dalam sambutannya,  Kompol Hilman juga memohon maaf apabila selama ini belum maksimal dalam melayani dengan baik. Karena Ia sadar banyak keterbatasan, jika ada yang kurang berkenan pihaknya memohon maaf kepada Keluarga Besar Polres Kuningan.

"Saya hanya menjalankan keperluan dan kepentingan kedinasan agar berjalan sebagaimana mestinya," kata Hilman.

Dalam melanjutkan tugas di Polres Cianjur, Ia berjanji akan membawa nama baik Polres Kuningan sebagai asal tempat kerja sebelumnya.

"Terima kasih atas bimbingan dan silaturahmi yang terjalin ini semoga akan tetap terjaga hingga akhir hayat," harapnya.

Sementara,  Mantan Kabag Ren Polres Kuningan,  Kompol Endin Wahyudin,  yang juga diberi kesempatan mengucapkan kata-kata perpisahan mengaku bahwa meski masa tugas dirinya hanya tinggal satu bulan lagi menjadi purna bakti, namun jiwanya tetap akan sebagai korps kepolisian.

Kompol Endin juga mengaku "menyesal" mendapat sosok pemimpin seperti Kapolres saat ini yang menurutnya penuh ketegasan.

"Kenapa saya tidak bertemu Pak Kapolres sejak dulu. Sosok Pak Kapolres ini mengugah kembali semangat Saya dari melihat karakter seperti beliau,  " kata Endin.

Di tempat sama,  mantan Kapolsek Ciniru,  yang pindah ke Kasat Narkoba Polres Cirebon juga dipersilakan mengungkapkan kata perpisahan dan kesan pesan.

Selanjutnya,  Wakapolres Kuningan yang baru, Kompol Jaka Mulyana, memperkenalkan diri dan memaparkan riwayat tugasnya sebelum ditunjuk sebagai Wakapolres Kuningan.

"Saya lulusan Akpol 2005, memiliki 3 putra,  pertama kerja di Polda Jabar di Polres Sumedang kemudian pindah ke Polrestabes Bandung Barat," tutur Kompol Jaka Mulyana.

Ia juga pernah bertugas di Dirlantas Polda Jabar, mengikuti PTIK, kemudian ditugaskan di Ambon Maluku selama 1 tahun.

"Selanjutnya saya sekolah S2, MIK,  lalu setelah itu bertugas di Polrestabes Bandung, pindah ke Polres Bogor sebagai Kapolsek Cileungsi,  pindah lagi ke Polda Jabar,  lalu ke Cianjur sebagai Wakapolres,  dan akhirnya ke Kuningan ini,  " papar Kompol Jaka.

Dirinya mengajak para anggota Polres Kuningan untuk membantu Kapolres menciptakan Kamtibmas Kuningan yang kondusif.

"Sesuai Tupoksi,  mengawasi, mengendalikan, mengkoordinir satuan organisasi yang ada di Polres. Mari bantu Pak Kapolres dalam menjalankan Kamtibmas, Gakkum,  serta pelayanan kepada masyarakat, " anaknya.



Sementara,  Kapolres Kuningan,  AKBP Lukman Syafri Dandel Malik menekankan kepada hadirin bahwa sosok kepolisian harus jadi pemimpin yang bertanggungjawab.

"Tugas itu adalah ibadah, kepercayaan, kehormatan dan kebanggaan. Laksanakan tugas dengan kehormatan sebagai dasarnya," tegas Kapolres.

Ia juga mengajak agar anggotanya mencintai satuan agar satuan akan membalas dengan kecintaan.

"Jangan gadaikan kehormatan ke orang lain. Jadilah polisi yang dicintai masyarakat,  jadilah polisi penolong," tandasnya.  (Nars)

No comments

Powered by Blogger.