Rabu Malam Hujan Deras, Kuningan Longsor di Tiga Lokasi



KUNINGAN - Intensitas curah hujan yang tinggi dalam waktu lumayan lama yang terjadi pada Rabu (12/02/2020), di sebagian besar wilayah Kabupaten Kuningan, meninbulkan bencana longsor di tiga lokasi. 

Bencana longsor terjadi di sebuah tebing yang berada di Jalan Pasir Krisik jalur Desa Purwasari - Desa Pakembangan, Kecamatan Garawangi,  pada Rabu malam.  Akibatnya sebuah warung milik Ardi,  warga setempat,  hancur terseret material longsoran. 


Beruntung,  Ardi,  yang saat kejadian sedang berada di dalam warung bisa menyelamatkan diri,  sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.  

Bencana longsor,  juga terjadi di jalur Desa Cipedes - Ciniru,  tepatnya di wilayah Cipedak dekat Tugu Perbatasan. 

Material longsoran menutupi akses jalan dari Ciniru menuju Desa Cipedes dan sebaliknya. 


Terakhir,  peristiwa longsor terjadi di Blok Ciwaringin Desa Mekarsari, Kecamatan Maleber. Longsoran tanah  sepanjang 350 meter persegi sempat menghalang jalan poros desa tersebut. 

Pada Kamis (13/02/2020) pagi, anggota UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan,  bersama Aparat Pemerintahan Desa Maleber, anggota Koramil Maleber, Polsek Maleber, anggota Satpol PP Kec.Maleber dan BPBD Kabupaten Kuningan melakukan cek TKP dan langsung membersihkan material tanah longsoran yang menghalangi jalan tersebut. 


"Diperlukan pengerukan tebing yang  berada di jalan poros Desa Blok Ciwaringin Desa Mekarsari Kecamatan Maleber ini,  karena 
apabila hujan besar terjadi, dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan dan dapat mengganggu mobilisasi barang/orang dan dapat menimbulkan resiko kecelakaan bagi warga sekitar, " tutur Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, M Khadafi Mufti kepada kuninganreligi.com. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.