Eks RS Bersalin Citra Ibu Akan Digunakan untuk Antisipasi Ruang Isolasi Pasien Corona


KUNINGAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan terus mengebut persiapan guna mengantisipasi jika ada peningkatan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Kesiapan tersebut, selain telah merencanakan anggaran sebesar Rp 12 Miliar, Pemkab Kuningan juga berencana akan menggunakan bekas RS Citra Ibu yang terletak di Jalan Raya Ciharendong, Kelurahan Cirendang untuk RS Khusus Penanganan Kasus Corona.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama, menyebutkan kepada media bahwa rencana penggunaan bekas RS Bersalin Citra Ibu sebagai RS Khusus Penanganan Pasien Corona, jika ada, adalah bentuk langkah anitisipasi, meski saat ini semua RS di Kuningan sudah mendukung kesiapsiagaan pihaknya dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Kuningan.



"Hanya bentuk antisipasi, karena bangunan eks RS Citra Ibu ini tempatnya sudah cocok untuk prasarana perawatan pasien, " kata Acep, yang mengaku akan mempersiapkan RS tersebut dalam waktu dua pekan ini.

Terpisah, Plt Direktur RSUD 45, dr Deki Syaifullah, ketika dihubungi kuninganreligi.com, Ahad (22/03) malam juga menyebutkan persiapan bekas RS Citra Ibu tersebut sebagai langkah antisipasi jika ada peningkatan kasus Covid-19 di Kuningan.

"Jika melihat kasus di Negara Italia, saat ini di Indonesia persis kondisinya seperti awal-awal kasus Corona terjadi di Italia beberapa bulan lalu. Trendnya kan sekarang terus meningkat, seperti di Italia, kasusnya Corona ini meningkatnya kelipatan pangkat dua, dari dua, empat, delapan dan seterusnya, " terang Dia.

Makanya, imbuh Deki, Bupati menginisiasi untuk memperluas ruang isolasi untuk antisipasi. Apalagi, saat ini warga Kuningan dari perantauan, menurut informasi, sudah mulai pulang kampung ke Kuningan.

Terkait kondisi eks RS Citra Ibu yang sudah lama tidak digunakan, Deki menjelaskan bahwa ruangan-ruangan di RS tersebut masih bisa dipakai dan cocok untuk ruang perawatan.

"Wisma Atlet saja di Jakarta bisa digunakan, Ini yang sudah jelas infrastrukturnya rumah sakit, pasti sangat cocok untuk ruang perawatan, " ujarnya.



Meski sebelumya Ia mengakui ketersediaan APD di Kuningan saat ini menipis karena banyaknya permintaan warga. Namun, pada Senin (23/03), pagi, Deki menerangkan di RSUD 45 sudah ada bantuan APD yang cukup, karena adanya dropping dari provinsi.

Terpisah, seperti terpantau media ini pada Senin (23/03), persiapan penggunaan eks RS Citra Ibu untuk penanganan kasus Corona terus dikebut pemerintah. Nampak, petugas Damkar Satpol PP Kuningan bekerja ekstra membersihkan halaman depan RS dengan menggunakan Randis. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.