Kapolres Kuningan: Waspadai Penipuan Jika Beli Produk Kesehatan



KUNINGAN - Kepala Kepolisian Resor Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik SIK, memberi himbauan kepada warga Kabupaten Kuningan agar meningkatkan kewaspadaan saat ingin membeli peralatan kesehatan atau pelindung diri di saat merebaknya pandemi Covid-19 sekarang ini.

Melalui pesan layanan masyarakat yang dipublikasikan oleh Bagian Humas Polres Kuningan, Kapolres Lukman menghimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya penipuan penjualan produk kesehatan.



" Banyak pihak yang memanfaatkan kepanikan atas kelangkaan produk kesehatan untuk melakukan tindakan penipuan,  " ungkap Kapolres dalam pesannya yang diterima redaksi kuninganreligi.com, Jum'at (27/03) sore. 

Kapolres menghimbau masyarakat agar bisa memastikan dari mana asal produk kesehatan tersebut jika akan dibeli. 

"Produk kesehatan semisal masker dan hand sanitizer, jika dibeli melalui pengiriman dari luar negeri, agar dipastikan penerimaan nomor resi dan cek proses pengirimannya melalui laman web http://www.beacukai.go.id/barangkiriman, " jelas Kapolres.

Kemudian,  ditambahkannya,  apabila barang produk kesehatan itu dikirim dari dalam negeri, kiriman tersebut tidak melalui pemeriksaan bea cukai. 

" Agar berhati-hati jika pembelian melalui penjualan secara online, pastikan dengan sumber yang jelas,  " tandas Kapolres Kuningan.

Sekadar informasi, meningkatnya angka positif Covid-19 di Indonesia, mengakibatkan permintaan produk kesehatan, seperti hand sanitizer, masker dan cairan disinfektan, melonjak di pasaran. 



Selain mengakibatkan langkanya barang,  tingginya permintaan juga memunculkan banyaknya pihak yang memanfaatkan situasi dengan beralih menjadi penjual produk-produk kesehatan tersebut,  baik melalui penjualan langsung, pesan antar,  maupun melalui media daring. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.