Open Bidding Pejabat Selesai, Kapan Ada Pelantikan?


KUNINGAN - Proses Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Kuningan dinyatakan sudah selesai dilaksanakan.  Pada Kamis (19/03) kemarin, panitia seleksi telah mengumumkan tiga besar calon pejabat yang lolos seleksi untuk mengisi kekosongan 11 SKPD di lingkup Pemkab Kuningan. 

Ditemui di ruang kerjanya,  Dian Rachnat Yanuar,  selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka,  JPT Pratama Kabupaten Kuningan, pada Jum'at (20/03), mengatakan bahwa untuk selanjutnya tahapan yang ditempuh adalah mengirimkan daftar nama calon yang lolos tiga besar tersebut kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi atau persetujuan.



"Khusus untuk calon Sekretaris DPRD,  kami perlu mendapatkan dulu dari Pimpinan DPRD tentang siapa yang direkomendasikan dari tiga calon yang kami umumkan. Hari ini kami mengirimkan surat ke DPRD tentang tiga kandidat yang lolos untuk menjadi Sekwan, " kata Dian. 

Disebutkannya,  pihaknya telah menugaskan kepada BKPSDM untuk melayangkan segera hasil seleksi tersebut kepada KASN. Karena adanya ramai penanganan Corona,  Ia berharap pemberitahuan hasil seleksi itu bisa melalui sistem elektronik,  untuk dapat segera direspon. 

"Nanti KASN akan melihat dan menyetujui atau tidak hasil tiga besar yang lolos seleksi tersebut. Jika ada persetujuan KASN,  maka Bupati sebagai user bisa segera langsung mengeksekusi dari tiga calon tersebut dipilih siapa yang dipercaya pimpinan untuk mengemban amanah, " ucapnya. 

Ditanya tentang kapan bupati akan mengumumkan siapa seorang terpilih duduk sebagai pimpinan SKPD yang sekarang mengalami kekosongan,  Dian, mengungkapkan,  tergantung cepat tidaknya ada jawaban terkait persetujuan dari KASN pada pemberitahuan hasil seleksi yang dikirimkan. 

"Sekarang kan sedang sibuk-sibuknya penanganan Covid-19, kami juga tidak bisa memastikan kapan akan mendapat keputusan dari KASN. Karena di pusat juga sana,  sedang ramai soal Corona ini.  Mudah-mudahan saja secepatnya, " jelas mantan Kadisdikbud Kuningan ini. 

Terpisah,  Bupati Kuningan, Acep Purnama,  menyatakan bahwa keputusan Timsel Terbuka,  JPT Pratama Kabupaten Kuningan, yang diumumkan merupakan hasil seleksi yang benar-benar berkualitas. 

"Dalam seleksi itu saya nyatakan tidak ada intervensi tidak ada rekayasa apapun. Semua peserta Open Bidding adalah mereka yang terbaik,  tapi kita kan harus memilih dari mereka, " ungkap Acep. 



Bagi yang tidak lolos tiga besar dalam seleksi tersebut,  Acep berharap, agar tetap semangat dalam pengabdian sebagai ASN di lingkup Pemkab. 

"Sekali lagi,  semuanya bagus. Untuk memilih satu dari semua yang bagus tetap harus melalui sebuah meknaisme. Ya harus tetap semangat bagi yang belum lolos,  " ujarnya. 

Terkait waktu pelantikan para pejabat terpilih nanti,  Bupati menyebutkan,  jika ada jawaban dari KASN,  dua hari setelah itu akan segera dilaksanakan.  (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.