Semprot Disinfektan, Cek Suhu Tubuh dan Kumpulkan Bhabinkamtibmas, Upaya Polres Kuningan Cegah Pandemik Corona


KUNINGAN - Seiring meningkatnya jumlah suspect Corona di Indonesia,  berbagai pihak terus memantapkan kewaspadaan dini untuk pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan masing-masing.  Tak terkecuali di lingkungan kerja Polres Kuningan,  Jawa Barat,  selama dua hari melakukan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa lokasi. 

Pada hari pertama,  Senin (16/03), beberapa petugas dari Sat Sabhara Polres Kuningan,  melakukan semprot disinfektan di lingkungan Mapolres Kuningan. Setiap sudut ruangan di markas polisi itu,  tak luput dari penyemprotan, untuk memastikan tidak ada virus ataupun penyakit yang menempel. 



Selain itu,  seluruh anggota Polres Kuningan dan ASN yang bekerja di lingkungan Mapolres juga, sebelum masuk kerja,  dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermal gun.  

Selanjutnya,  di hari kedua,  Selasa (17/03), beberapa anggota Sat Sabhara Polres Kuningan melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan Rumah Dinas Kapolres,  serta dua lingkungan Taman Kanak-Kanak (TK)  dan 4 Mapolsek.

Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, menjelaskan,  kegiatan penyemprotan disinfektan di lingkup Polres Kuningan adalah upaya meminimalisasi penyebaran virus Covid-19 yang saat ini sudah masuk ke Indonesia. 

"Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, lingkungan Mapolres dan Polsek-Polsek sering dimasuki tamu dari luar,  sehingga kita perlu antisipasi, " ujarnya. 

Selain komplek Mapolres,  empat polsek yang dilakukan penyemprotan di hari kedua,  adalah Polsek Kuningan,  Polsek Cigugur,  Polsek Ciawigebang dan Polsek Kramatmulya. Sementara dua sekolah yang ada di lingkungan Polres adalah TK Bhayangkari Polres Kuningan dan TK Bhayangkari Ciawigebang, juga disterilkan. 

Kapolres Lukman mengatakan,  untuk selanjutnya seluruh lingkungan Polsek akan juga dilakukan penyemprotan disinfektan. 

"Selain upaya semprot disinfektan dan cek suhu tubuh, kita juga menyosialisasikan cara pola hidup bersih sehat melalui cuci tangan dengan 6 langkah tepat. Ini berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kuningan, " ujarnya. 

Upaya lainnya,  terang Kapolres adalah memberikan pengarahan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk bisa mengajak warga di tempat tugasnya agar tidak panik dalam menyikapi pemberitaan terkait pandemi Corona di Indonesia. 



Pihaknya mengajak semua pihak untuk bisa menahan diri dan menyaring semua informasi yang diterima terkait Covid-19 ini. 

"Kepada masyarakat dan insan pers juga untuk bisa memberikan informasi yang sesuai fakta. Sampaikan informasi yang bersifat kewaspadaan, agar warga tidak panik, " tukasnya.  (Nars)

No comments

Powered by Blogger.