Pemkab Kuningan Raih Juara Public Relation Award tingkat Nasional


KUNINGAN - Pemerintah Kabupaten Kuningan berhasil menorehkan prestasi di ajang Public Relation Indonesia Award (PRIA) dalam kompetisi kehumasan paling komprehensif se-Indonesia yang diselenggarakan PR Indonesia di Semarang pada Senin (20/04/2020).

Agenda itu merupakan kompetisi yang digelar kelima kalinya,  yang menjadi bagian dari komitmen PR INDONESIA dalam mengapresiasi kinerja humas/public relations (PR) yang unggul dari korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia. 



Mantan Kabag Humas dan Keprotokolan Setda Kuningan (sekarang tupoksi Humas Pemkab Kuningan berada di Dinas Komunikasi dan Informasi - red), Wahyu Hidayah,  saat dikonfirmasi terkait diraihnya penghargaan Juara PRIA tersebut mengatakan ajang PRIA  mencerminkan pencapaian tertinggi kinerja komunikasi korporasi/organisasi.

"Selama lebih kurang tiga bulan, 532 entry dari 109 Korporasi, Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah berkompetisi di ajang PRIA 2020, " ungkap Wahyu,  yang kini menjabat sebagai Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kuningan ini. 

Pada Kategori Terpopuler di Media, imbuhnya, PR INDONESIA bekerja sama dengan PT ISENTIA, melakukan monitoring pemberitaan ratusan korporasi/lembaga/kementerian/pemerintah daerah di 24 koran nasional, 40 koran daerah dan 110 majalah mainstream di Indonesia. Data dihimpun sepanjang 1 Januari – 31 Desember 2019 untuk mencari korporasi/lembaga/kementerian/pemerintah daerah terpopuler.

"Alhamdulillah, berdasarkan monitoring dan analisa kualitatif yang ISENTIA dan PR INDONESIA lakukan, ditetapkan Pemerintah Kabupaten Kuningan sebagai: Pemenang PR INDONESIA Awards Kategori 
Pemerintah Kabupaten Terpopuler di Media 2019, " ujarnya penuh bangga. 

Kebahagiaan dirinya terungkap setelah menyaksikan secara daring audio-visual, yang awalnya acara penghargaan akan dilaksanakan di Kota Semarang namun mengingat sekarang ini tengah dalam situasi Pandemi Covid-19 maka acara dilakukan secara Online Ceremony pada Senin, 20 April 2020.

“Saya melihat siaran langsung pengumuman PR Indonesia Award 2020 tersebut melalui akun YouTube Channel PR Indonesia Magazine. Sambil hati berdebar,  saat sudah lama menunggu tak kunjung jua terdengar disebut nama Kabupaten Kuningan oleh host acara tersebut. Tapi, Alhamdulillah, ketika Sub Kategori Pemerintah Kabupaten dibacakan, ternyata terpilih Pemkab Kuningan menjadi pemenang, " paparnya. 

Wahyu menyebutkan, terdapat 10 kategori dalam kontestasi ini, seperti Kategori Perguruan Tinggi, Kategori BUMD & Perusahaan Daerah, Kategori BUMN, Kategori Anak Usaha BUMN, Kategori Swasta, Kategori Kementerian, Kategori Lembaga, Kategori Pemerintah Provinsi, Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Kategori Best Presenter. Yang masing-masing kategori, dari nominasi terpilih terdiri lagi dari beberapa Sub Kategori, untuk kemudian dipilih sebagai platinum winner, gold winner, silver winner, dan bronze winner.

“Adapun untuk Sub Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota hanya dipilih satu sebagai platinum winner, yang diraih oleh Pemerintah Kota Semarang. Tetapi warga Kuningan harus bersyukur dan merasa bangga, pasalnya kita mampu bersaing dengan 415 kabupaten se-Indonesia, " sebutnya. 

Ia menambahkan, ada 7 kabupaten  yang masuk nominasi Sub Kategori Pemerintah Kabupaten, antara lain, Pemkab Kuningan, Pemkab Belitung, Pemkab Gunungkidul, Pemkab Magelang, Pemkab Penajam Paser Utara, Pemkab Kabupaten Bone, dan Pemkab Musi Banyuasin.

Penjurian PRIA 2020 dilakukan oleh Dewan Juri, sejak 24 Februari 2019 hingga 5 Maret 2020. Dewan Juri yang memberikan penilaian adalah Founder dan CEO PR INDONESIA Asmono Wikan, Presiden Komisaris dan Chief Consultant Kiroyan Partners Noke Kiroyan, Ketua Umum APPRI Jojo S Nugroho, Account Director DM ID Jonathan Kriss, Associate Design Director Anastasia Octacian, dan Pemimpin Redaksi Majalah CSR.id Salman Noersiwan.

"Raihan penghargaan ini tidak akan ada tanpa dukungan dan kerjasama dengan insan Pers dan media. Ia pun berterimakasih kepada seluruh awak media yang telah membantu mempublikasikan Kabupaten Kuningan, " kata Wahyu.



Ia berulangkali menyampaikan terimakasih kepada seluruh Insan pers, Media dan Organisasi Profesi Wartawan di Kabupaten Kuningan atas kiprahnya selama ini yang aktif berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya yang berkaitan dengan media di Kuningan. 

"Saya berharap, meski kini Kehumasan berada di Diskominfo, semoga ke depan bisa lebih baik lagi dalam meraih prestasi,” harapnya.  (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.