Social Distancing, Petugas KB Sarankan Penggunaan Pil dan Kondom


KUNINGAN -  Pegawai Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan P3A Kabupaten Kuningan tetap menjalankan tugas mereka, meski saat ini wilayah Kabupaten Kuningan sedang mengalami masa pandemi Covid-19. Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna selalu memantau kinerja pegawainya di setiap UPTD Kecamatan maupun Desa melalui aplikasi secara online.



"Pekerjaan penyuluh KB dan pengendalian kependudukan serta upaya pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan anak tetap berjalan, meski dalam suasana Work from Home (WFH), " kata Trisman kepada kuninganreligi.com, Selasa (29/04/2020) di ruang kerjanya.

Dengan aplikasi yang terpasang di smartphone, pihaknya mengklaim telah memantau semua perkembangan para akseptor keluarga berencana. Di tengah pandemi Covid-19 ini, pihaknya sementara waktu tidak melakukan pemasangan alat kontrasepsi jenis IUD dan Implan.

"Karena protokol jaga jarak dan untuk menghindari penularan virus corona, maka pemasangan kedua alat kontrasepsi tersebut sementara waktu tidak dilakukan," jelas mantan Inspektur ini.

Sementara ini, yang dianjurkan pihaknya dalam pelaksanaan Keluarga Berencana adalah dengan menggunakan pil KB dan alat kontrasepsi kondom.

"Pil KB dan kondom merupakan kontrasepsi yang paling aman di masa pandemi ini, " tandasnya.



Trisman mengaku selama memegang kepemimpinan di Dinas PPKBP3A, yang baru dijabatnya, dirinya terus melakukan adaptasi dan konsolidasi internal dengan pegawai di lapangan.

"Untuk koordinasi di masa pandemi ini kami biasa menggunakan aplikasi meeting online melalui smartphone, " tukasnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.