Korem 063/SGJ Gelar Latihan Posko Penanggulangan Bencana Alam


KUNINGAN - Korem 063/Sunan Gunung Jati menggelar kegiatan Latihan Posko dalam penanggulangan bencana alam, pada Selasa (09/06/2020), bertempat di Makodim 0615/Kuningan. Latihan posko tersebut,  Latihan posko tersebut merupakan program TNI AD dalam rangka membantu pemerintah daerah terkait kebencanaan. 


Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 063/SGJ, Kolonel Arm Maryudi,  dan para Dandim di wilayah Korem 063/SGJ, sebagai tim penilai. 

"Ini sudah sesuai dengan UU TNI nomor 34 tahun 2004, dimana dalam salah satu klausulnya berbunyi bahwa operasi perbantuan kepada pemerintah daerah salah satunya terkait penanghulangan bencana alam, " jelas Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joy Lumi, ketika dimintai keterangan oleh kuninganreligi.com di sela kegiatan, Selasa siang. 

Dandim mengatakan fokus yang diambil dalam kegiatan latihan posko itu dikaitkan dengan seringnya terjadi kebencanaan alam seperti tanah longsor di tiga kecamatan yang ada di Kuningan Selatan. 

"Topik kita yang menjadi pusat perhatian adalah di Kecamatan Selajambe, Subang dan Ciwaru,  " ujar Dandim.

Pelaksanaan penanganan bencana alam, imbuhnya,  aplikasi di lapangannya,  jika jumlah personil, material dan sebagainya terpenuhi,  itu bisa dilaksanakan. 

Sementara yang dilatihkan pada Gladi Posko yang akan dilakukan selama tiga hari itu,  adalah terkait praktik bagaimana birokrasi penanganan bencana itu sendiri.


"Yang dilatihkan adalah bagaimana surat menyurat, dan koordinasi antar institusi. Makanya saat ini menjadi bagian dari latihan juga dari Kepolisian, BPBD Kuningan, Dinas Kesehatan dan lainnya yang berkaitan dengan kebencanaan,  " paparnya. 

Dandim menyebutkan untuk aplikasi di lapangan,  penanganan bencana ini biasa dilakukan, namun yang sulit itu untuk mensinergiskan koordinasi antar institusi,  seperti birokrasi,  komunikasi dan pengadministrasiannya. 

Dandim menerangkan bahwa Kodim 0615/Kuningan dalam kegiatan tersebut berperan sebagai pelaku latihan. 



"Dari Kodim 0615/Kuningan ada sejumlah 33 personil,  sementara dari Korem 063/SGJ ada 40 personil yang terlibat,  " sebutnya. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.