Setelah Tahun 2017 Sempat Dipalsukan, Akun Medsos Istri Bupati Kuningan Kembali Dibajak


KUNINGAN - Dugaan pembajakan akun media sosial atas nama istri Bupati Kuningan, Ika Acep Purnama, kembali terjadi. Pada tahun 2017 lalu, akun istri orang nomor satu di Kabupaten Kuningan ini pun sempat dipalsukan oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Pada Ahad (07/06/2020), beredar di beranda netizen media sosial warga Kuningan, postingan yang menanyakan keaslian akun FB atas nama Ika Acep Purnama.



Ada pula netizen yang kenal dekat dengan istri bupati itu yang mencoba mengklarifikasi agar warga Kuningan berhati-hati jika mendapat pesan langsung (inbox) dari akun yang diunggahnya dalam postingan.

"Kasadaya bilih aya anu minta pertemenan atau nga inbox atau minta sumbangan atas nama ibu Ika Acep Purnama ...eta sanes bunda ika..
Akun bunda ika acep purnama di bajak atau di Hack.. (kepada semuanya, kalau ada yang meminta pertemanan atau mengirim pesan (inbox) atau meminta sumbangan atas nama ibu Ika Acep Purnama... itu bukan Bunda Ika..Akun Bunda Ika Acep Purnama dibajak atau di-hack)," ungkap akun FB atas nama Motty, dalam unggahannya, Ahad (07/06) sore.

Dalam penelusuran kuninganreligi.com di media sosial, akun yang mengatasnamakan Ika Acep Purnama tersebut, sempat membuat postingan bergambar terkait kegiatan pembangunan di salah satu panti, yang tidak disebutkan alamatnya.

"Mohon doa dan dukungannya agar pembangunan panti asyifa cepat selesai... bagi yg ingin bantu biaya buat pembangunan ditunggu. infonya.terimakasih, " tulis akun tersebut dalam unggahannya seraya menyertakan foto yang memperlihatkan suasana pengerjaan bangunan.

Tak sampai di sana, akun yang diduga palsu tersebut juga mengirim pesan ke beberapa kontak/akun yang berteman dengannya. Pesan tersebut, dimulai dengan mengucapkan salam, yang kemudian bertindak seolah-olah pesan itu benar berasal dari Istri Bupati Kuningan.

Ujung-ujungnya, setelah pesannya ditanggapi, akun tersebut akhirnya meminta bantuan dengan mengirimkan nomor rekening salah satu perbankan BUMN.

"Ya kalau ingin membantu silakan. Bank *** 20080100832**** a/n suhayati. hatur nuhun, " tulis akun yang diduga palsu tersebut dalam pesan inbox pada kontak pertemanannya.

Dari penampakan profil akun FB yang mengatasnamakan Ika Acep Purnama tersebut, nampak memajang foto-foto Istri Bupati Kuningan, untuk meyakinkan netizen lainnya.

Sementara, istri Bupati Kuningan, Ika Rahmatika Acep Purnama, dalam akun media sosial aslinya membenarkan bahwa akun dirinya telah diretas oleh orang lain.

"Assalamualaikum sadayana..Wargi-wargi masyarakat Kuningan yang aktif di facebook. Menginformasikan bahwa beberapa saat yang lalu, ada seseorang yang mencoba meretas dan membuat akun baru atas nama Ika Acep Purnama dengan menggunakan foto profil dan informasi tentang diri saya, " ungkap Ika.

Melalui media (akun asli-red) miliknya itu Ia menyatakan bahwa akun tersebut adalah akun palsu, dan memohon kepada masyarakat untuk tidak menanggapinya.

"Akun tersebut sudah saya laporkan ke fb untuk diblokir, " tandas Ika.

Terpisah, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Devi Ardeni, juga memberikan keterangan bahwa telah ada yang meretas akun Facebook Istri Bupati Kuningan.



"Permakluman bahwasannya ada yang telah meretas akun  facebook Ibu Bupati Kuningan. Kami informasikan bahwa akun tersebut palsu dan mohon untuk tidak ditanggapi, hatur nuhun," jelas Devi melalui pesan seluler.

Hingga berita ini ditulis, pihaknya mengaku belum melakukan pelaporan peretasan akun istri Bupati Kuningan tersebut kepada pihak kepolisian. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.