Video Agenda Pejabat Kumpul-Kumpul di Masa PSBB Tersebar, Netizen: Kenapa Tidak Dibubarkan?


KUNINGAN - Di tengah diterapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan, ternyata ada peristiwa yang tersiar di media sosial terkait "kerumunan massa" dalam kegiatan yang diikuti sebagian ASN dan pejabat pemerintah itu sendiri.

Pada Selasa (02/06/2020), tersiar beberapa video terkait "kerumunan massa" dalam dua kegiatan berbeda. Satu kegiatan nampak dilaksanakan di ruangan dalam Pendopo Bupati Kuningan dan satu kegiatan lainnya disebut-sebut digelar oleh Camat Cilimus.



Agenda di pendopo Bupati Kuningan dalam video yang tersebar itu, nampak memperlihatkan ucapan Bupati Kuningan, Acep Purnama, yang mengucapkan terima kasih atas perhatian ASN dan pejabat yang datang mengucapkan selamat Ulang Tahun pada dirinya.

Sementara di video lainnya, disebut-sebut, sebagai acara Camat Cilimus, Eny Sukarsih, dalam rangka agenda dirinya yang memasuki masa purna bakti.

Beberapa netizen, ketika melihat video yang tersebar tersebut menanggapi kenapa di saat masa PSBB, para pejabat malah seolah memberi contoh untuk berkumpul-kumpul.

"Ko kumpul2??? Ga jaga jarak??, " tanya seorang netizen dengan nama akun Instagram Adul_syukur saat menanggapi salah satu postingan media kuninganmass di aplikasi Instagram.

Netizen lain, dengan akun IG ussoopp_kun10, malah menanyakan kenapa tidak ada tindakan pembubaran terhadap agenda yang terlihat kumpul-kumpul itu.

"Kenapa gak di bubarin kumpul@ gitu? kan dilarang berkumpul," ujarnya.

Menanggapi masalah ini, Pemkab Kuningan melalui Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Wahyu Hidayah, menyanggah bahwa agenda di dalam ruangan Pendopo Bupati sebagai bentuk kerumunan yang melanggar aturan PSBB.

"Itu kan kita tempuh protokol kesehatan, ada physical distancing dan jarak di tempat duduknya, kita juga memakai masker. Dan agendanya pun tidak berlangsung lama, hanya sekitar setengah jam, " jelas Wahyu.



Terkait agenda Camat Cilimus, Wahyu enggan banyak memberikan jawaban. Ia menyuruh wartawan agar berkonfirmasi kepada pihak yang menyelenggarakan acara tersebut.

"Untuk agenda camat, silakan konfirmasi pada yang bersangkutan, karena Saya tidak mengikuti acara di sana, " ujarnya. (Nars)

1 comment:

Powered by Blogger.