Ade Abdul Jafar Sidiq: Banyak Usia Produktif Putus Kerja Saat Pandemi


KUNINGAN - Sekira 240 orang perwakilan warga dari desa-desa di Daerah Pemilihan Kuningan 3, yang meliputi Kecamatan Lebakwangi, Ciawigebang, Cidahu, Kalimanggis, Maleber, dan Cipicung,  menghadiri kegiatan reses yang digelar oleh Anggota DPRD Kuningan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Ade Abdul Jafar Sidiq.  

Kegiatan reses Caturwulan 3 untuk tahun sidang 2019/2020 yang dilaksanakan Aleg muda ini digelar di tiga desa binaannya,  yakni Desa Kadurama,  Kacamatan Ciawigebang, Desa Susukan, Kecamatan Cipicung dan Desa Sindang, Kecamatan Lebakwangi, pada Senin (06/07/2020).



"Saya sengaja menggelar reses tidak di kantor desa tapi di rumah-rumah warga. Ini agar lebih mendekatkan diri dengan warga,  chemistry-nya lebih terasa, dan warga lebih berani mengemukakan aspirasinya. Beda jika digelar di kantor desa,  " papar Ade Jafar Sidiq, kepada media,  usai pelaksanaan reses di Desa Sindang. 

Kegiatan reses,  baginya, pada prinsipnya merupakan kegiatan untuk mengunjungi masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab moral dan politis dalam rangka menyerap serta menindaklanjuti aspirasi masyarakat.


"Saya sebagai anggota DPRD banyak menerima masukan dari masyarakat baik berupa pemeliharaan jalan lingkungan, penerangan jalan umum di titik-titik rawan kecelakaan dan kejahatan, bahkan sampai kepada permasalahan yang berkaitan dengan masalah sosial lainnya, " ujarnya. 

Diantara yang disampaikan warga kepadanya,  tentang permasalahan ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19. Banyak masyarakat usia produktif yang “dirumahkan” oleh perusahaan akibat perusahaannya juga terdampak pandemi.

"Untuk pemecahan masalah ini, dibutuhkan berbagai ide dan strategi bersama dari pemerintahan Kabupaten Kuningan agar solusi yang dihasilkan bisa maksimal, " ungkap Ade.

Ade juga berpendapat untuk permasalahan itu diperlukan adanya peningkatan pemberdayaan ekonomi lokal dengan mendorong potensi Sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang ada di masyarakat. 

"Seperti adanya pelatihan kewirausahaan sosial sangat diharapkan masyarakat yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan diri (skill) dan meningkatkan taraf ekonomi sehingga tercapai tujuan yaitu kesejahteraan masyarakat, " paparnya. 

Pada kesempatan reses itu juga, Ade menghimbau agar di masa pandemi Covid-19 masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat. Serta agar warga tidak resah oleh berita/kabar yang belum tentu kebenarannya.

"Saya harap seluruh aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat dalam giat reses ini bisa didengar dan ditindaklanjuti serta diperjuangkan oleh para anggota dewan. Jalin sinergitas bersama eksekutif agar pembangunan dalam berbagai aspek di Kabupaten Kuningan dapat terwujud, " tutupnya (Nars)

No comments

Powered by Blogger.