Kebakaran Hanguskan Bangunan dan Sepeda Motor, Kerugian Rp 125,5 Juta


KUNINGAN - Peristiwa kebakaran rumah kembali terjadi di Kabupaten Kuningan. Kali ini kebakaran rumah terjadi pada Rabu (22/07/2020) malam sekira pukul 23:00 WIB pada rumah milik Toto Firmansyah (52 tahun), warga Blok Wage RT 13 RW 04 Desa Cikadu, Kecamatan Nusaherang.

Menurut keterangan saksi mata, Wahyudi (60 tahun), warga setempat, saat saksi sedang berjalan di depan rumah yang  korban , saksi mendengar suara  ledakan yang berasal  dari bangunan lantai 2 itu.



Kemudian Ia melihat kepulan asap dan api yang semakin membesar.  Saat itu juga saksi membangunkan pemilik rumah yang memang tidak mengengetahui ada kebakaran dari lantai dua itu. 

"Akhirnya penghuni rumah bisa keluar menyelamatkan diri. Saksi memberitahukan kepada warga sekitar untuk melakukan pemadaman api dengan peralatan seadanya, " kata M Khadafi Mufti, pada media Kamis (23/07) pagi.

Karena api sangat besar, dan juga sudah membakar kabel listrik, warga tidak bisa berbuat banyak karena takut tersengat alra setrum PLN. Akhirnya ada warga setempat, Ilham, yang juga anggota Satpol-PP Kuningan yang melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan. 

"Kami menerjunkan 2 Randis Damkar dan 10 anggota Damkar berangkat menuju TKP, dan tiba di TKP 15 menit kemudian, " jelas Khadafi. 

Dibantu warga sekitar, aparat Pemerintahan Desa Cikadu, anggota kepolisian Sektor Kadugede, anggota  Satpol-PP Kabupaten Kuningan, PLN Kuningan. api baru dapat dipadamkan pada pukul 02.00 WIB. 

"Penyebab kebakaran sementara diduga dari konsleting listrik di ruangan yang ada di lantai 2, " ujarnya. 


Akibat bangunan yang terbakar sekira 36 meter persegi, 1 unit sepeda motor, dan alat elektronik yang juga ikut hangus, korban menelan kerugian sebesar Rp 125,5 juta.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, korban sementara mengungsi di rumah keluarganya, " ucap Khadafi.

Pihaknya menekankan bahwa pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran adalah kewajiban bersama.


 Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kuningan di nomor telepon (0232)871113. 

"Layanan gratis tidak dipungut biaya apapun. Kita harus selalu waspada, bahaya kebakaran bisa terjadi kapan dan di mana saja, " tutup Khadafi. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.