Hj Tina Wiryawati Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Cihaur


KUNINGAN - Anggota DPRD Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati SH melaksanakan Citra Bakti / Parlemen Dalam Sektsa Kebangsaan 'Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan' di Aula Kantor Desa Cihaur Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. 

Dalam kegiatan tersebut, Tina Wiryawati manyampaikan salah satu karakteristik Indonesia sebagai negara-bangsa adalah kebesaran, keluasan dan kemajemukannya.



"Maka, sangat penting sekali untuk disosialisasikan empat pilar kebangsaan ini. Khususnya, kepada generasi muda maupun dikalangan mahasiswa ada pula perwakilan masyarakat dan para tokoh ulama yang hadir di Desa Cihaur," kata Tina kepada wartawan, Rabu (26/8/2020). 

Pihaknya menjelaskan empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

Menurutnya, pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh. 

"Empat pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan, kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat," ujar Tina anggota DPRD Dapil 13 meliputi kabupaten (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran).

Dijelaskan Tina, dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat. Diantaranya yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara. 

UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhineka Tungg Ika yang merupakan semboyan Negara. 

"Agar masyarakat dapat melaksanakan empat pilar kebangsaan tersebut karena ini menjadi dasar negara Indonesia menjadi negara kesatuan," ujarnya. 

Kedepan, Tina mengatakan, sosialisasi empat pilar akan terus diadakan dan digulirkan seperti halnya kegiatan reses anggota dewan diseluruh dapil Jabar 13. 



Selain itu juga Tina menghimbau dan mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru di tengah wabah pandemi Covid-19 ini kepada masyarakat agar selalu melaksanakan protokol kesehatan.

"Selain sosialisasi 4 pilar kebangsaan, kami juga menyampaikan bagaimana pentingnya untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan dan lainnya," ucap Tina Wiryawati Anggota DPRD Fraksi Gerindra Jabar. (Nars/Rilis)

No comments

Powered by Blogger.