Lengang, Tak Ada Penerimaan Pasien. Suasana RSUD 45 Kuningan Paska Ditutup Sementara


KUNINGAN - Berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan pihak RSUD 45 Kuningan, mulai Rabu (26/08/2020), dilakukan penutupan di hampir semua bagian pelayanan. Penutupan pelayanan tersebut berlaku juga pada penerimaan atau pendaftaran pasien baru.

Hal itu, merupakan dampak dari terpaparnya sekira 19 pegawai RSUD 45 paska dilakukan tracing dan swab massal kedua pada sekira 400-an pegawai RS milik Pemkab Kuningan itu.



Terpantau kuninganreligi.com di bagian pendaftaran pasien umum dan IGD RSUD 45 Kuningan, sejak pagi hingga pukul 10:00 WIB, tidak terlihat aktifitas penerimaan pasien baru.

Salah seorang petugas pendaftaran di IGD, Zulkarnaen, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sejak pagi memang pihaknya tidak menerima pendaftaran pasien baru.

"Untuk calon pasien pun tidak ada, sehingga pelayanan medis juga tidak ada bagi pasien baru, " ujarnya.

Untuk pegawai yang masih bekerja, terlihat hanya melakukan sterilisasi alat medis dan perlengkapan ruangan pasien.

Ia mengatakan, informasi terkait penutupan pelayanan terhadap pasien baru dan beberapa pelayanan lain di RSUD 45 sudah diketahui warga dari edaran yang dibuat pihak RSUD. Belum lagi beberapa pemberitaan media massa juga sudah mengangkat hal itu pada Selasa malam.

"Iya, mereka (masyarakat) mungkin sudah tahu informasi penutupan pelayanan RSUD ini, sehingga tidak ada yang datang, " katanya.

Sementara, jika pun ada warga yang akan berobat dan ingin mendapat pelayanan kesehatan, pihak RSUD 45 sudah berkoordinasi dengan RS lain yang ada.

"Calon pasien bisa langsung kita arahkan ke RS lain terdekat, " ujar Zul.



Sebelumnya, pihak UPT Damkar Satpol PP Kuningan telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh lingkungan RSUD 45 Kuningan pada Rabu pagi. Sejumlah 4.500 liter cairan disinfektan disemprotkan guna sterilisasi dan dekontaminasi akibat banyaknya pegawai RSUD yang terpapar Covid-19.

"Kita terpaksa menutup layanan pasien baru dan layanan lainnya, kecuali bagian IGD, Hemodialisa, dan Talasenia, selama 5 hari ke depan. Nanti kita akan buka pelayanan normal kembali pada Senin (31/08), " ujar Direktur RSUD 45, dr Deki Saifullah pada media. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.