Mantan Anggota DPRD Kuningan Pernah Ciptakan Lagu untuk Almarhum Kang Yance

Oyo Sukarya (foto:kuninganterkini.com)
KUNINGAN - Kepergian mantan Bupati Indramayu, H Irianto MS Syafiuddin, atau lebih dikenal dengan Kang Yance untuk selamanya,  meninggalkan kenangan juga pada sosok pencipta lagu berjudul Kang Yance Tandang, Oyo Sukarya, tokoh Partai Golkar Kabupaten Kuningan.

Kedekatan Oyo dengan sosok Almarhum Kang Yance tidak disangsikan lagi, betapa tidak, sesepuh Partai Golkar yang pernah jadi Anggota DPRD Kuningan ini didaulat oleh Almarhum untuk menciptakan lagu tema dalam rangka pencalonan Almarhum sebagai Gubernur Jawa Barat pada Pilkada Jabar Tahun 2013 lalu.



"Ya, Saya sengaja membuat lagu untuk  Beliau sebagai lagu tema pencalonan saat Pilkada Jabar tahun 2013 lalu. Judul lagunya Kang Yance Tandang, " ungkap Oyo, Ahad (16/08), yang berdomisili di Blok Kaum Desa / Kecamatan Garawangi ini.

Saat lagu yang diciptakannya itu diperdengarkan pada Almarhum, Oyo mengaku bahwa Kang Yance terlihat senang sekali. Bahkan saking gembiranya, Kang Yance memasang lagu tersebut di seluruh stasiun radio di Jawa Barat sebagai media kampanye.

"Semua stasiun radio di Jawa Barat memutar lagu itu, baik di Cianjur, Tasikmalaya, Bandung, Kuningan, Cirebon, Indramayu dan daerah lain," kenangnya.

Berbicara soal syair lagu Kang Yance Tandang, Oyo menggarisbawahi, bahwa lagu itu diciptakan dengan syair yang membawa kedamaian di tengah panasnya suhu politik Pilkada Jawa Barat saat itu.

"Dalam syairnya banyak mengajak masyarakat untuk jadi pemilih yang cerdas dan menjauhi segala bentuk pertentangan meski berbeda pilihan, " sebutnya.

Lagu itu juga, imbuhnya, menggambarkan sosok Kang Yance dengan segala kelebihan yang dimilikinya, baik soal konsistensi, perjuangan, sayang pada warganya, dan sebagainya.

"Kepergian Kang Yance jelas membuat Saya kehilangan, Saya sering bersilaturahmi dengan Almarhum. Namun Saya bangga semasa hidup Beliau, Saya pernah menciptakan lagu untuk Beliau, " tutup Oyo yang kini tetap mengabdikan diri pada masyarakat sebagai pembuat alat-alat pertanian.

Berikut lirik lagu Kang Yance Tandang yang pernah diciptakan Oyo Sukarya untuk Almarhum Kang Yance:

Dua Opat Februari
Dua Rebu Tilu Welas

Urang Kade Sing Tarapti
Jadi Pamilih Nu Cerdas

Singkahan Papaseaan
Para Sumaduluran

Runtut Raut Sauyunan
Hirup Rukun Tengtrem Aman

Kade Milih Ulah Salah 
Kaduhung Salalawasna
Kang Yance Tegas Tur Lugas
Ka Rahayat Mika Welas



REFF

Doktor Haji Irianto
Jenengan Nu Sategesna
Sangkan Apal Sarerea
Kang Yance Anu Katelah

REFF

Sanajan Loba Kandidat
Urang Milih Ulah Lepat
Kang Yance Deukeut Jeung Rayat
Pantes Mingpin Jawa Barat

Urang Munajat Ka Gusti
Kang Yance Mugi Ngajadi
Pikeun Mingpin Di Provinsi
Jawa Barat Sugih Mukti

Parantos Tali Paranti
Kang Yance Mingpin Ku Ati
Pang Rojong Ti Para Wargi
Mugi Sareng Ridho Gusti

Panuhun Kadulur Dulur
Wartosan Batur Salembur
Pilih Kang Yance Nu Mashur
Pinareng Janten Gubernur

(Nars)

No comments

Powered by Blogger.