Satgas Saber Pungli Jawa Barat Pantau Kesiapan Kuningan


KUNINGAN - Kesiapan Satuan Tugas Saber Pungli Kabupaten Kuningan dalam penanganan kasus pungutan liar, korupsi, kolusi dan nepotisme, dipantau oleh Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat. Rombongan Tim Satgas Saber Pungli Jabar, turun langsung ke Kuningan dan menyambangi Pendopo Setda Kuningan, pada Selasa (04/08/2020).

Tim Satgas Saber Pungli Jawa Barat yang hadir, di antaranya, Ketua Satgas, Kombes Pol Syahri Gunawan, Kabid OPS, AKBP Harso Pudjo Hartono, Kabid Datin, M Yudi Ahadiat, Pokja Pencegahan, Ahmad Kapi Sutisna, Pokja Penindakan, Kapten Pom Gingin Ginanjar, dan Tim Satgas Lainnya.



Kedatangan tim Saber Provinsi, disambut oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama, Ketua Tim Saber Pungli UPP Kabupaten Kuningan, Kompol Jaka Mulyana.Wabup Kuningan, Muhamad Ridho Suganda, Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, dan Sekda Kuningan,  Dian Rahmat Yanuar.

"Kegiatan kami hari ini adalah memberikan arahan terkait pelaksanaan kinerja Saber Pungli UPP Kabupaten Kuningan. Dalam pelaksanaan Saber Pungli dibutuhkan kebersamaan atau sinergitas beberapa instansi, " terang Kombes Pol Syahri Gunawan, saat ditanya wartawan di Pendopo Kuningan, Selasa (04/08).

Dalam kunjungannya, pihaknya juga memantau giat pengawalan terhadap pembagian bansos dari pemerintah bagi warga Kuningan yang terdampak Pandemi Covid-19.

"Kami mengedapankan pencegahan, dan mengapresiasi kepada Tim Saber Pungli Kabupaten Kuningan yang telah melaksankan beberapa kegiatan. Masih ada beberapa bulan kedepan dan mudah-mudaham Saber Pungli ini menjadi contoh," terangnya lagi.

Sementara, Bupati Kuningan, menjelaskan pada media, bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan Satgas Saber Pungli Jabar di wilayah kerjanya.

"Ini sebagai bentuk dukungan untuk pencegahan KKN di Kabupaten Kuningan. Karena penanganan yang dilakukan Saber Pungli tidak sebatas menangani Pungli dan Korupsi saja, namun juga pencegahan pada praktik Kolusi dan Nepotisme, " terang bupati.

Terpisah, Ketua Satgas Saber Pungli UPP Kuningan, Kompol Jaka Mulyana, mengaku bahwa selama lima bulan bertugas meneruskan Ketua sebelumnya, pihaknya telah melakukan ratusan kegiatan termasuk pencegahan, pembinaan dan penindakan.



"Untuk kegiatan yang telah kami lakukan selama 5 bulan ini ada 442 kegiatan sosialisasi pada Pokja Pencegahan, 40 kegiatan pada Pokja Intelijen, dan 182 penindakan, " sebut Jaka.

Dari beberapa kegiatan itu yang menjadi atensi pihaknya ada 4 kegiatan di Pokja Penindakan, salah satunya sudah masuk ke Pokja Yustisi terkait kasus yang menimpa Aparatur Pemerintahan di Kuningan. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.