Tak Pakai Masker, Pengunjung Sejumlah Kafe di Kuningan Disuruh Pulang

Petugas Gabungan Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan di Beberapa Lokasi Keramaian

KUNINGAN - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan terus mengalakkan himbauan pada masyarakat agar tetap waspada terhadap Virus Korona. Karena saat ini, Pandemi Covid-19, menurut pemerintah, belum dinyatakan selesai.

Guna meningkatkan kembali ketaatan warga pada pelaksanaan protokol kesehatan, terutama himbauan memakai masker, saat berada di tempat keramaian dan di luar rumah, petugas gabungan dari TNI Kodim 0615/Kuningan, Polres Kuningan dan Satpol PP melakukan razia masker di beberapa tempat keramaian sekitar Kuningan Kota, pada Sabtu (22/08/2020) malam.



Razia dimulai di titik sekitar pohon beringin Taman Kota Kuningan. Di bawah pimpinan Kabag Ops Polres Kuningan, Kompol Tri Sumarsono, puluhan petugas gabungan memberhentikan beberapa sepeda motor yang melintas. 

Satu per satu pengendara sepeda motor yang tak menggunakan masker diberi peringatan agar mereka mengenakan masker saat berkendara dan di luar rumah.

Selain menyasar soal masker,petugas kepolisian juga memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan pengguna jalan Siliwangi.

Usai menggelar razia pada pengendara sepeda motor, puluhan petugas bergerak menyusuri Taman Kota yang dipadati pengunjung. Kedatangan puluhan petugas membuat ratusan pengunjung terlihat panik. 

"Tolong bapak, ibu, adek, maskernya dipakai. Yang tidak bawa masker segera tinggalkan tempat. Duduknya juga tolong jaga jarak ya. Pandemi belum berakhir, kita harus tetap hati-hati, " seru Kabag Ops Tri Sumarsono pada pengunjung Taman Kota yang sedang duduk-duduk.
Kabag Ops Polres Kuningan, Kompol Tri Sumarsono

Kondisi Taman Kota Kuningan memang selalu dipadati pengunjung setiap Sabtu malam. Pengunjung yang sebagian besar para remaja itu memang banyak yang tidak memperhatikan jaga jarak, karena ramainya orang. Akhirnya, sebagian pengunjung Taman Kota terpaksa diminta membubarkan diri, agar tidak terjadi kerumunan massa.

Saat diwawancarai, Kabag Ops Polres Kuningan, Kompol Tri Sumarsono, mengatakan bahwa kegiatan razia protokol kesehatan di beberapa titik keramaian kembali digiatkan lagi oleh Gugus Tugas Covid-19 Kuningan. 

Pasalnya, akhir-akhir ini tingkat kesadaran warga pada protokol kesehatan semakin menurun.

"Ya, kesadaran warga untuk menaati protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini semakin menurun, tetutama soal penggunaan masker dan jaga jarak. Padahal pandemi belumlah berakhir, " papar Tri.

Kalau beberapa waktu lalu 70 persen warga Kuningan sadar memakai masker saat ke luar rumah, namun saat ini malah berbalik. Dari pantauan pihaknya, hanya ada sekira 30 persen saja warga yang sadar pakai masker.

Apalagi, dalam waktu dekat, Pemkab Kuningan akan mengeluarkan Perbup tentang sanksi bagi warga yang tidak patuh protokol kesehatan. Sehingga sosialisasi penerapan protokol kesehatan harus terus dilakukan, agar warga tetap terbiasa.

"Selain di Taman Kota kita lakukan juga razia di beberapa lokasi keramaian seperti di kedai-kedai kopi seputar Kuningan Kota. Ada 10 titik  yang kita datangi malam ini, " terangnya.

Sebelumnya, Bupati Kuningan, H Acep Purnama, mengaku sedang menggodok rencana penerbitan Peraturan Bupati terkait sanksi bagi warga yang tidak patuh aturan protokol kesehatan di masa AKB ini.



Beberapa titik keramaian akan diperketat untuk diawasi agar pelaksanaan protokol kesehatan tetap terjaga.

"Senin besok kita akan lakukan Rapat Koordinasi dengan Gugus Tugas dan Forkopimda. Selasa mungkin Perbupnya akan terbit, dan berlaku. Tapi sanksinya tidak sejauh seperti yang dibayangkan, kita lihat saja nanti, " kata Acep pada KR, Sabtu (22/08) siang. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.