DKI Jakarta Akan PSBB Kembali, Terminal Tipe A Kuningan Masih Beroperasi Normal


KUNINGAN - Gubernur DKI Jakarta akan memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala (PSBB) secara total mulai tanggal 14 September lusa. Kebijakan tersebut otomatis menyetop PSBB Transisi yang sudah berjalan saat ini di DKI Jakarta.

Rencana penerapan PSBB Total di DKI Jakarta ini berpengaruh pada sektor transportasi, seperti operasional armada bus angkutan penumpang antar kota dan antar provinsi.



Beberapa terminal di luar DKI Jakarta, salah satunya Terminal Tipe A Kertawangunan Kabupaten Kuningan, Kamis (10/09/2020), terpantau masih berjalan normal. Normalnya operasional bus di masa pandemi Covid-19 ini memang tidak seoerti biasanya, karena ada pembatasan jumlah penumpang yang bisa diangkut.

Seperti dikatakan, Bagian Operasional Terminal Tipe A Kuningan, Asep Setiana, pihaknya masih menjalankan operasional terminal secara normal dengan beberapa pembatasan karena aturan protokol kesehatan (Prokes).

"Untuk akan diterapkannya kembali PSBB di DKI Jakarta, jelas akan berpengaruh pada operasional Terminal Kertawangunan. Namun hingga saat ini kita masih menunggu keputusan dan petunjuk teknisnya seperti apa. Sementara ini kkta masih beroperasi secara normal, " papar Asep.

Untuk kapasitas penumpang, setiap pemberangkatan di masa AKB ini, Asep menambahkan, masih diberlakukan 50 persen dari kapasitas muatan bus normal. 

"Saat ini kita memberangkatkan Bus AKAP sebanyak 50 kali jurusan Jakarta, " katanya.

Ditanya terkait pengaruh PSBB di DKI Jakarta, Asep menyebutkan, saat PSBB jilid pertama diterapkan, Terminal Tipe A Kertawangunan sempat tidak beroperasi selama empat bulan.

Untuk diketahui, di Terminal Tipe A Kertawangunan terdapat 13 PO yang melayani jurusan AKAP, AKDP dan khusus Jurusan Surabaya. 

Terpisah, salah seorang pengurus PO Bus Primajasa di lokasi menyebutkan bahwa pihaknya saat ini juga masih menunggu kepastian diterapkannya kebijakan PSBB di DKI Jakarta.


"Kita juga masih menunggu. Tadi ada perwakilan kita yang ikut rapat juga dengan Dinas Perhubungan. Mungkin soal rencana PSBB lanjutan di DKI Jakarta, " ujar Ega Rahviana Hakim, bagian jadwal pemberangkatan PO Primajasa di Terminal Kertawangunan. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.